Kamis 28 Apr 2022 15:13 WIB

PMI DIY Siagakan 20 Pos Pertolongan Pertama dan Ambulans

Nantinya, personel PMI bertugas 24 jam dalam tiga shift per hari.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Salah satu Posko Siaga PMI DIY siap membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2022.
Foto: Dokumen
Salah satu Posko Siaga PMI DIY siap membantu kelancaran arus mudik Lebaran 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Palang Merah Indonesia (PMI) DIY menyiapkan 20 pos pelayanan pertolongan pertama dan ambulans di seluruh DIY. Selain itu, sebanyak 573 personel dan 22 ambulans disiagakan untuk membantu masyarakat yang merayakan Lebaran tahun ini.

Ketua PMI DIY, GBPH Prabukusumo mengatakan, mereka menyiagakan personel PMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama yang membantu melayani masyarakat. Nantinya, mereka akan bertugas 24 jam dalam tiga shift per hari.

"Dimulai H-6 sampai H+7 Lebaran di tempat-tempat keramaian, jalur-jalur masuk dan ke luar DIY dan masing-masing markas PMI," kata Prabukusumo, Kamis (28/4/2022).

Di Yogyakarta dibuka satu pos di Markas PMI Yogyakarta. Di Sleman disiagakan pos pelayanan terpadu pertolongan pertama dan ambulans di Markas PMI Sleman dengan dukungan pos pembantu dari 12 PMI kapanewon, bekerja sama kapanewon setempat.

Seperti PMI Kapanewon Ngaglik, Godean, Seyegan, Mlati, Pakem, Sleman, Gamping, Berbah, Depok, Turi, Ngemplak, Moyudan, dan Prambanan. Sedangkan, di Bantul akan dibuka tiga pos di Markas PMI Kabupaten Bantul, Pos Madukismo, dan Pos Sedayu.

Pos Sedayu dikelola terpadu PMI Kapanewon Sedayu. Di Gunungkidul, dibuka dua pos terpadu di Markas PMI Gunungkidul dan Pos Gading. Di Kulonprogo dilayani dua pos di Markas PMI Kulonprogo dan Pos Jembatan Timbang yang ada di Kapanewon Kulwaru.

Untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, personel PMI dengan ambulans akan mobile ke lokasi-lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Seperti Pantai Selatan Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul, tempat-tempat wisata di wilayah DIY.

"Serta, antisipasi saat keramaian di tempat-tempat ibadah seperti shalat Idul Fitri," ujar Prabukusumo.

Selain itu, masyarakat yang membutuhkan tempat istirahat bisa mengunjungi pos pelayanan PMI Kulonprogo yang bekerja sama UPPKB Jembatan Timbang Kulwaru. Serta, pos pelayanan PMI Gunungkidul Pos Gading yang merupakan pula rest area.

Tersedia tempat tidur, toilet, tempat ibadah, cek kesehatan seperti pemeriksaan tekanan darah dan bisa mengakses informasi kejadian bencana, kondisi lalu lintas melalui radio komunikasi. Ia mengingatkan, pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Saya berharap dan mengimbau agar kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah, mudik dengan sehat dan nyaman, saling menjaga satu sama lain. PMI kan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata dia.

Masyarakat yang membutuhkan informasi pertolongan pertama jika ada kedaruratan dapat mengunduh aplikasi pertolongan pertama di Play Store. Untuk mengakses informasi stok darah bisa ke laman ayodonor.pmi.or.id atau akun media sosial PMI DIY.

Ia menambahkan, selama libur Lebaran 2022 ini masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan darah 24 jam. Sedangkan, untuk pelayanan donor darah dimulai pada 08.00-20.00 WIB di lima Unit Donor Darah PMI kabupaten dan kota seluruh DIY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement