Ahad 01 May 2022 08:53 WIB

Mahasiswa KKN UAD Gelar Gebyar Festival Anak Shaleh

Ada berbagai macam lomba yang digelar dalam kegiatan itu.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq
Kampus Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mubalig Hijrah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta menggelar Gebyar Festival Anak Shaleh. Kegiatan ini digelar di Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

Mahasiswa Fakultas Agama Islam UAD, Rendi Herinarso mengatakan, kegiatan diselenggarakan untuk mengembangkan potensi anak TPA. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan perkembangan dari pembelajaran anak yang ada di TPA.

"Acara ini merupakan salah satu bentuk mengembangkan potensi anak-anak TPA yang sudah lama tidak melaksanakan lomba," kata Rendi yang tergabung dalam KKN Mubalig Hijrah UAD tersebut.

Gebyar Festival Anak Shaleh diikuti oleh enam TPA yang ada di beberapa desa di Kecamatan Rongkop. Mulai dari Desa Kemesu, Duwet, Semugih, Purworejo Semugih, Karang Wetan, dan Pucanganom.

Rendi menuturkan, ada berbagai macam lomba yang digelar dalam kegiatan itu. Seperti lomba pidato, lomba membaca Alquran surat Al-Baqarah ayat 183–184, lomba azan, dan lomba hafalan surat An-Naas sampai dengan surat Al-Zalzalah.

"Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak dari berbagai kalangan usia, mulai dari lima sampai 12 tahun," ujar Rendi.

Selain untuk mengembangkan potensi anak TPA, melalui kegiatan itu juga diharapkan dapat menjadi penyemangat. Terutama penyemangat anak-anak dalam meningkatkan kemampuan dalam bidang keagamaan.

"Diharapkan mampu menjadi penunjang semangat dan sisi perkembangan diri anak TPA, khususnya pada rasa daya saing untuk meningkatkan potensi yang dimiliki masing-masing anak," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement