Polres Semarang Turunkan Tim Patroli Sepeda di Rest Area Tol

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Anggota Polres Semarang bersiap melaksanakan patrol bersepeda di dalam lingkungan Rest Area KM 429A Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/4). Tim patrol sepeda ini diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan seiring meningkatnya aktivitas pemudik di rest area ini.
Anggota Polres Semarang bersiap melaksanakan patrol bersepeda di dalam lingkungan Rest Area KM 429A Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/4). Tim patrol sepeda ini diterjunkan untuk mengantisipasi gangguan keamanan seiring meningkatnya aktivitas pemudik di rest area ini. | Foto: dok. istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Meningkatnya jumlah pemudik yang ingin beristirahat atau untuk melaksanakan ibadah di fasilitas di dalam rest area, mendapatkan perhatian stakeholder pemangku keamanan.

Khususnya dalam mengantisipasi berbagai kerawanan terhadap gangguan keamanan maupun ketertiban masyarakat, seperti tindak kriminal maupun aksi kejahatan yang memanfaatkan kelengahan para pemudik.

Terkait hal ini, Pos Pelayanan Polres Semarang yang ada di dalam Rest Area KM 429A Ungaran, menurunkan tim patroli sepeda. “Tim ini kami terjunkan untuk membantu pamdal Rest Area KM 429A dalam menciptakan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik,” ungkap Kapolres Semarang, AKBP Yovan Fatika HA.

Menurut kapolres, di tengah hiruk pikuk aktivitas di dalam rest area yang terus meningkat, jajaran Polres Semarang ingin memastikan, rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung rest area yang tengah melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 1443 Hijriah ini.   

“Sebab bukan tidak mungkin situasi seperti ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, untuk melakukan berbagai aksi kejahatan maupun tindakan kriminal lainnya,” kata Yovan.

Keberadaan tim patroli sepeda yang melaksanakan kegiatan rutin patroli, berupa monitoring dan pengawasan di lingkungan Rest Area KM 429A.

Selain itu juga tim patroli ini juga akan membantu mengarahkan dan merapikan kendaraan yang akan berhenti untuk membeli BBM maupun kendaraan yang akan parkir untuk beristirahat di dalam kawasan rest area.

Sehingga sirkulasi kendaraan pengunjung di dalam kawasan rest area ini dapat berjalan lancar  dan para pengunjung lain yang juga membutuhkan waktu istirahat setelah berkendaratetap mendapatkan kesempatan.

Tim patroli sepeda juga akan aktif menyampaikan imbauan agar para pengunjung rest area tetap menjaga keamanan masing-masing selama beraktivitas di dalam rest area, tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Karena masyarakat maupun para pemudik tetap tiak boleh lengah dalam mengantisipasi dan mencegah munculnya kembali kasus Covid-19, setelah kegiatan mudik Lebaran kali ini,” jelasnya.  

Masih terkait dengan pemanfaatan fasilitas rest area di jalur mudik dalam tol, Kapolres Semarang juga mengimbau agar para pemudik (pengunjung rest area) untuk memanfaatkan waktu mereka dengan efektif.

Sehingga rest area yang daya tampungnya juga terbatas dapat dimanfaatkan para pengguna jalan lainnya. Terlebih di depan entry (gerbang masuk) Rest Area KM 429A ini jamak terjadi penumpukan kendaraan pemudik.

Tak jarang akibat meningkatnya pengunjung rest area ini mengakibatkan perlambatan arus lalu lintas dari arah Semarang yang akan melintas langsung ke arah Solo, akibat antrian panjang kendaraan pemudik yang akan masuk.

Maka kepada para pengunjung rest area, kapolres mengimbau agar agar tidak terlalu lama di dalam rest area. Sehingga bisa bergantian dengan pengendara lainnya.

Maksimal 30 menit, makanya manfaatkan waktu seefektif mungkin demi pengguna jalan tol lainnya. “Hal ini, tentunya juga akan mendukung kelancaran arus lalu lintas pada saat mudik Lebaran seperti sekarang ini,” kata dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Sistem Buka-Tutup Diberlakukan di Pintu Pelabuhan Merak 

Sistem Buka-Tutup Diberlakukan di Pintu Pelabuhan Merak 

Hendak Transaksi COD Obat Mercon Seorang Pria Diamankan Polisi

Satlantas Polres Semarang Siagakan Tim Khusus Urai Kemacetan

Jelang Lebaran, Polres Semarang Tingkatkan Pencegahan Gangguan Kamtibmas  

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark