Purbalingga Imbau Pemudik Vaksinasi di Posko Mudik

Rep: Idealisa Masyarafina/ Red: Fernan Rahadi

Kendaraan sepeda motor pemudik melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Puncak arus mudik pada H-2 Lebaran kendaraan pemudik yang melintas di jalur Pantura masih terpantau ramai lancar.
Kendaraan sepeda motor pemudik melintas di jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (30/4/2022). Puncak arus mudik pada H-2 Lebaran kendaraan pemudik yang melintas di jalur Pantura masih terpantau ramai lancar. | Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengimbau agar para pemudik ikut vaksinasi di gerai vaksinasi yang disediakan di posko mudik.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi menjelaskan, terdapat enam titik posko terpadu gabungan TNI-Polri dan Pemkab Purbalingga.

Di antaranya Posko di Alun-alun, Rest Area Lambur, Rest Area Karangreja, Rest Area Pancasila Koramil Mrebet, Pospam di Jompo dan Terminal. Di samping tempat istirahat, enam posko mudik tersebut juga melayani vaksinasi. 

"Di enam titik posko terpadu gabungan TNI – Polri dan Pemkab Purbalingga kita sediakan gerai vaksinasi karena salah satu syarat mudik adalah vaksin booster. Jadi kita integrasikan dan ini cukup efektif, sehingga diharapkan nantinya arus mudik tidak berdampak pada peningkatan kasus Covid-19,” kata Bupati Purbalingga dalam rilis yang diterima Republika, Ahad (1/5/22).

Berdasarkan hasil pemantauan petugas arus mudik di posko, sampai Sabtu (30/4/22), arus lalu lintas terpantau ramai lancar. Bahkan tidak ada kejadian-kejadian signifikan dan laka lantas.

Bupati berharap sampai Lebaran dan setelah lebaran ini kondisi arus mudik tetap berjalan dengan lancar, tidak ada kecelakaan dan juga bencana alam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga dr Jusi Febrianto mengungkapkan Posko Kesehatan ditempatkan di empat titik yaitu di Karangreja, Ngebrak (Bukateja), Jompo, dan Terminal.

Posko kesehatan tersebut berada di semua titik perbatasan, yang menyasar para pemudik yang belum divaksinasi.

"Kami juga memberi pelayanan kesehatan, misal ada yang sakit atau permasalahan kesehatan bisa diperiksa. Petugasnya ada satu dokter, satu perawat dan sopir dan satu ambulans,” kata dr Jusi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Arus Mudik Lebaran Jalur Pantura dan Tol Batang-Semarang Lancar

Arus Mudik 2022 di Pelabuhan Makassar Turun

Bagaimana Pemerintah Tampak Luput Mengantisipasi Dini Kemacetan di Pelabuhan Merak

H-2 Arus Mudik Lebaran, 85.505 Kendaraan Lintasi Jalur Nagreg

Polri Sebut Arus Mudik Cikampek-Kalikangkung Normal   

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark