Libur Lebaran, 100 ribu Wisatawan Diprediksi Kunjungi Baturraden

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Pengunjung memadati Lokawisata Baturraden di hari kedua Lebaran.
Pengunjung memadati Lokawisata Baturraden di hari kedua Lebaran. | Foto: Idealisa Masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Lokawisata Baturraden telah dikunjungi hingga 10 ribu wisatawan pada hari kedua Idul Fitri 2022. Jumlah ini meningkat dari 1.189 wisatawan pada hari pertama Lebaran.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, jumlah wisatawan ditargetkan dapat mencapai 100 ribu selama sepuluh hari liburan. Tolak ukurnya, libur Lebaran 2019 yang pengunjungnya mencapai 125 ribu.

"Dibandingkan libur Lebaran sebelum covid selama 10 hari itu sekitar 125 ribu pengunjung. Kita mungkin 75 persen sudah sangat bagus, syukur ya bisa 100 ribu lebih," ujar Asis kepada Republika.co.id, Selasa (3/5/2022).

Ia menambahkan, puncak libur Lebaran yakni pada Ahad hingga Senin (8-9/5/2022). Akan tetapi, pengunjung Lebaran diperkirakan bisa terus memadati Lokawisata Baturraden hingga akhir pekan kedua Lebaran.

Sebelumnya, Taman Botani akan diluncurkan pada libur Lebaran. Akan tetapi, rencana tersebut ditunda. Sekretaris Dinporabudpar Banyumas Wakhyono Gozali menambahkan Taman Botani diperkirakan baru dapat dikunjungi oleh wisatawan pada Juni mendatang.

"Kira-kira Juni sudah bisa dibuka," kata Wakhyono. Ia menjelaskan, bangunan fisik dan pengadaan tanaman di Taman Botani telah selesai. Namun, rencana pembukaan pada libur Lebaran terkendala karena adanya masalah dari pihak pengembang.

"Sudah selesai 88 persen, bangunan fisik sudah selesai, pengadaan tanaman tidak terlalu lama. Tapi tetap saja tanaman kan harus beradaptasi dengan lingkungannya dulu hingga terlihat segar," kata dia.

Diperkirakan dalam satu bulan urusan administrasi dan adaptasi tanaman akan selesai. Dengan demikian, Taman Botani Baturraden, akan dapat dikunjungi wisatawan pada bulan depan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Tren Kunjungan Masyarakat ke Taman Safari Indonesia Bogor Meningkat

Gubernur Jateng Ingatkan Pengelola Wisata Terapkan Prokes Ketat

Polri Konsentrasi Amankan Objek Wisata Saat Libur Lebaran

Warga Nikmati Layanan MRT Saat Libur Lebaran

Hari Kedua Idul Fitri, 2.000 Wisatawan Berlibur ke Kepulauan Seribu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark