Rabu 04 May 2022 18:54 WIB

Jatim Dinilai Jadi Kunci Kemenangan Capres pada Pilpres 2024

Dukungan masyarakat Jawa Timur terhadap Erick dinilai belum terlalu signifikan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Fernan Rahadi
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa
Foto: Istimewa
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, menilai Jawa Timur menjadi salah satu kunci kemenangan bagi calon presiden (capres) 2024 mendatang. Hal tersebut mengingat jumlah pemilih di Jawa Timur sangat banyak.

"(Jawa Timur) salah satu wilayah kunci sebenarnya, makanya disebut battle ground, salah satu tulang punggung pemenangan, karena jumlah pemilihnya kan banyak," kata Adi kepada Republika, Rabu (4/5).

Adi mencontohkan pada pemilu 2019 lalu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kalah telak di Jawa Timur. Oleh karena itu wajar jika Prabowo lebaran kali ini bersilaturahim ke Jawa Timur.

"Jadi wilayah-wilayah yang kurang bersahabat dengan Prabowo secara perlahan memang harus mulai dilakukan penetrasi, dan konsolidasi, kan begitu. Jadi wajar kalau kemudian ke Jatim bertemu dengan sahabat lama, bertemu dengan Khofifah," jelasnya. 

Sebagai basis suara NU, Jawa Timur dinilai memiliki peluang untuk bisa memajukan tokohnya sebagai capres maupun cawapres. Namun menurut Adi saat ini NU terdistribusi ke banyak calon, termasuk ke Menteri Badan Usaha Milik negara (BUMN) Erick Thohir.

Erick sebelumnya diangkat menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Namun menurut Adi dukungan masyarakat Jawa Timur terhadap Erick dinilai belum terlalu signifikan.

"Ya kan tidak semua masyarakat Jatim Banser. NU juga terdistribusi ke banyak calon dan terlihat akrab dengan siapa pun, apalagi Erick tidak terlampau signifikan kan di survei, banyak orang yang enggak tahu Erick itu siapa," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement