Kamis 05 May 2022 16:03 WIB

Sleman Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan Tetap Ada

Pelayanan publik tetap dibutuhkan masyarakat luas.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan Tetap Ada (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sleman Pastikan Layanan Administrasi Kependudukan Tetap Ada (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, melakukan pemantauan pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dinas Dukcapil Kabupaten Sleman. Pantuan didampingi Bupati Sleman, Kustini Purnomo.

Zudan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemkab Sleman yang tetap memberi layanan administrasi kependudukan kepada masyarakat saat libur cuti bersama Idul Fitri 2022. Ia menekankan, pelayanan publik tetap dibutuhkan masyarakat luas.

Baca Juga

"Saya menyampaikan terima kasih karena Kabupaten Sleman tetap memberi pelayanan kependudukan saat libur, ini penting karena banyak masyarakat yang meluangkan waktu untuk mengurus administrasi kependudukan saat libur seperti ini," kata Zudan, Kamis (5/5/2022).

Zudan turut mengapresiasi adanya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang saat ini ada di Dinas Dukcapil dan beberapa kapanewon di Kabupaten Sleman. Dengan adanya ADM, semakin memudahkan masyarakat mendapat pelayanan administrasi kependudukan.

Bupati Sleman, Kustini Purnomo menyampaikan, pelayanan administrasi kependudukan di Sleman tetap dilaksanakan. Sesuai Surat Edaran Bupati tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik Selama Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 2022.

Sesuai edaran, Kustini menegaskan, selama libur cuti beberapa perangkat daerah tetap melakukan pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Termasuk, untuk layanan capil dan kapanewon terkait pelayanan administrasi kependudukan.

"Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Dukcapil dan kapanewon Kabupaten Sleman dibuka hari Rabu-Jumat, 4-6 Mei 2022, 08.30-11.30 WIB," ujar Kustini.

Sebelumnya, Pemkab Sleman telah melakukan upaya-upaya dalam rangka menyambut perayaan Idul Fitri dan libur mudik Lebaran. Melakukan koordinasi lintas sektor untuk pengamanan mudik, bagi masyarakat yang ke luar maupun yang masuk Sleman.

Selama libur Lebaran 2022 ini, Pemkab Sleman melaksanakan pula sosialisasi melalui imbauan-imbauan pelaksanaan mudik. Imbauan disampaikan baik secara langsung Kustini saat melakukan pemantauan di pos-pos mudik Lebaran yang ada.

Kustini turut mengimbau warga yang meninggalkan rumah untuk memperhatikan hal-hal kecil sebelum pergi melakukan mudik. Seperti memastikan listrik, air, gas dan kompor dalam keadaan aman agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement