Posko TIS Disiapkan untuk Wisatawan di Malioboro

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Wisatawan berjalan-jalan di jalur pedestrian Malioboro, Yogyakarta.
Wisatawan berjalan-jalan di jalur pedestrian Malioboro, Yogyakarta. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta sudah menyiapkan posko Tourist Information Service (TIS) bagi pengunjung di kawasan Malioboro selama libur Lebaran. Posko ini berada di depan Hotel Mutiara yang dari 3-7 Mei 2022.

Kepala Dispar Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko mengatakan, posko ini menyediakan informasi dan membantu wisatawan. Wisatawan pun bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan di posko ini selama berkunjung ke Kota Yogyakarta, termasuk yang masuk ke Malioboro.

Posko tersebut juga menjadi etalase untuk beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) tertentu di lingkungan Pemkot Yogyakarta yang dibutuhkan wisatawan.

Mulai dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta sebagai layanan kedaruratan, hingga BPBD sebagai layanan darurat terkait bencana alam, Satpol PP untuk memberikan keamanan dan ketertiban. Termasuk Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang memberikan layanan vaksinasi Covid-19 kepada wisatawan.

"(Ini bentuk) Komitmen kami agar dalam menerima kunjungan pemudik dan wisatawan bisa memberikan impresi yang baik tentang pariwisata di Kota Yogyakarta," kata Wahyu.

Selain vaksinasi, Pemkot Yogyakarta menyiapkan layanan RDT antigen bagi wisatawan selama masa libur Lebaran. Layanan vaksinasi dan RDT antigen disediakan di dua posko yang juga sudah dibentuk yakni di Tempat Parkir Khusus Abu Bakar Ali (TKP ABA) dan di Titik Nol.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, layanan antigen dan vaksinasi disediakan tiap hari. Layanan itu disediakan bagi wisatawan maupun masyarakat yang belum mendapatkan vaksin, terutama booster atau dosis ketiga.

"Kami juga (sediakan) vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat, tamu, pemudik di ABA dan Titik Nol setiap hari pukul 13.00 WIB sampai 19.00 WIB," kata.

Selain itu, layanan vaksinasi di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) juga terus diaktifkan selama masa libur Lebaran. Baik itu di puskesmas, rumah sakit, maupun di kecamatan dan kelurahan.

"Kami masih tetap menyiagakan layanan di rumah sakit, RSUD Kota Yogya, RS Pratama dan 18 puskesmas, serta RS swasta lain. Layanan vaksinasi berjalan seperti biasa, kita tetap ada layanan meskipun di masa libur Lebaran," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Minat Wisatawan Kunjungi Pantai Tinggi, Inilah Antisipasi Pemkab Sukabumi

Wisatawan Ramai Berlibur ke Pulau Sabang

Sebanyak 10.306 Wisatawan Padati Pantai Glagah Kulon Progo

Pengunjung Wisata Perahu Kalimas Surabaya Meningkat

Pantai Pangandaran Dipenuhi Wisatawan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark