UNJ Segera Gelar Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi se-Indonesia

Red: Fernan Rahadi

Kampus Universitas Negeri Jakarta
Kampus Universitas Negeri Jakarta | Foto: kampusunj.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 16 Mei 2022 mendatang, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) akan memasuki usianya yang ke-58. Oleh karena itu, berbagai rangkaian kegiatan diselenggarakan dari bulan April 2022 hingga Juni 2022 untuk memeriahkan Dies Natalis UNJ ke-58.

Dies Natalis UNJ tahun ini mengusung tagline "Unggul-Mandiri-Bereputasi". Tagline ini menjadi gambaran semangat UNJ yang terus-menerus meningkatkan berbagai prestasi dan reputasinya sebagai perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Apalagi saat ini UNJ sedang mempersiapkan transformasi kelembagaan dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Salah satu rangkaian kegiatan Dies Natalis UNJ ke-58, yaitu Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini akan diselenggarakan dari tanggal 25 Mei 2022 sampai dengan 16 Juni 2022. Adapun total hadiah dari kegiatan ini mencapai Rp 100 juta.

Terdapat 12 cabang olahraga (cabor) yang ditandingkan pada kegiatan ini, antara lain: (1) cabor atletik, (2) cabor renang, (3) cabor bulutangkis, (4) cabor tennis, (5) cabor taekwondo, (6) cabor pencak silat, (7) cabor karate, (8) cabor futsal, (9) cabor sepaktakraw, (10) cabor petanque, (11) cabor bola voli, dan (12) cabor bola basket. Bagi Perguruan Tinggi yang ingin mengikuti dan mengetahui informasi mengenai Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia dapat mengakses informasinya di media sosial Instagram @unj_official.

Menurut Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan juga Ketua Panitia Dies Natalis UNJ ke 58, Johansyah Lubis, Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini merupakan program yang dibuat oleh kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis UNJ ke 58. Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini diharapan dapat menjadi ajang try out mahasiswa se-Indonesia sebelum menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) pada November 2022 nanti, khususnya bagi mahasiswa UNJ. 

"Bahkan ada beberapa cabor sebagai ajang seleksi menentukan tim Indonesia menuju ASEAN University Games bulan Juli di Ubon Rachatani Thailand," ujar Johansyah.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni,  Abdul Sukur, mengatakan bahwa Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini merupakan komitmen UNJ untuk turut berkontribusi memajukan prestasi olahraga nasional dan khususnya program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selain itu juga kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pembinaan prestasi bagi para atlet di perguruan tinggi khususnya Universitas Negeri Jakarta. 

"Sehingga dari Pesta Olahraga ini akan lahir para juara yang akan mengharumkan nama perguruan tingginya, nama provinsinya, dan lebih luas lagi nama Indonesia nanti saat pertandingan di level dunia," ungkap Abdul Sukur.

Rektor UNJ, Prof Komarudin, mengatakan bahwa sebagai universitas yang berada di ibukota negara dan memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan, maka sudah sepatutnya UNJ menjadi pusat keunggulan prestasi olahraga mahasiswa nasional dan sekaligus sebagai penggerak prestasi olahraga nasional dan internasional. 

"Oleh karena itu kami berharap Pesta Olahraga Antar Perguruan Se-Indonesia ini menjadi ajang tahunan di UNJ dan menjadi agenda resmi nasional. Ke depan agenda ini mendapat dukungan dan bisa berkolaborasi  terutama dengan Kemenpora dan Kemendikbudristek, khususnya Pusat Prestasi Nasional," katanya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


UNJ Apresiasi Mahasiswa dan Dosen Lewat UNJ Award 2022

Universitas Negeri Jakarta Didorong Buka Prodi dan Fakultas Baru

Sebanyak 18 Prodi UNJ Raih Status Akreditasi AQAS

Bangun Fasilitas Kampus, UNJ Jalin Kerja Sama dengan Pemerintah Saudi

Mau Masuk UNJ di SBMPTN 2022? Check Dulu Peluang Prodi Sepi Peminat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark