Senin 09 May 2022 15:45 WIB

SMAN Ini Bantu Kebutuhan Stok Darah di Malang

Di masa pandemi dan setelah Lebaran terjadi penurunan darah yang signifikan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
SMA Negeri (SMAN) 3 Malang mengadakan aksi sosial donor darah di Aula SMA Tugu Malang, Ahad (8/5/2022). Kegiatan yang dilaksanakan alumni angkatan 2002 SMA Negeri 3 Malang (Bhawikarsu) ini bertepatan dengan Hari Palang Merah Internasional.
Foto: Dok. Humas SMAN 3 Malang
SMA Negeri (SMAN) 3 Malang mengadakan aksi sosial donor darah di Aula SMA Tugu Malang, Ahad (8/5/2022). Kegiatan yang dilaksanakan alumni angkatan 2002 SMA Negeri 3 Malang (Bhawikarsu) ini bertepatan dengan Hari Palang Merah Internasional.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- SMA Negeri (SMAN) 3 Malang mengadakan aksi sosial donor darah di Aula SMA Tugu Malang. Kegiatan yang dilaksanakan alumni angkatan 2002 SMA Negeri 3 Malang (Bhawikarsu) ini bertepatan dengan Hari Palang Merah Internasional.

Kepala Sie Pengelolaan Donor PMI Malang, Agus Tri Prasetyo mengatakan, kegiatan donor ini sangat tepat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Malang. "Karena di masa pandemi dan setelah Lebaran ini terjadi penurunan darah yang signifikan," ujarnya saat memberikan sambutan di Malang.

Menurut Agus, stok darah selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan hingga 40 persen. Sebab itu, pihaknya sulit mempertahankan stok darah di tempatnya. Padahal stok darah yang dimilikinya penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kendati demikian, Agus memastikan, saat ini kondisinya mulai meningkat hingga 25 persen. Pada Lebaran kali ini pemulihan kondisi terus berjalan. Berdasarkan catatannya hingga 8 Mei 2022, sebanyak 50 persen sudah aktif donor darah.

Dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan Bhawikarsu, PMI Malang pun mengapresiasinya. Dia berharap tema peringatan tahun ini bisa menebarkan kebaikan ke seluruh penjuru. Dengan demikian, orang-orang memerlukan bantuan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 3 Malang, Asri Widiapsari,  menyambut baik acara yang dilaksanakan para alumni. Dia berharap apa yang telah dilakukan pendonor bisa mendapatkan keberkahan. "Terima kasih untuk Bhawikarsu angkatan 2002 yang masih mau berkegiatan di sekolah ini,” jelasnya.

Untuk diketahui, aksi sosial ini merupakan bagian dari acara puncak Reuni 20 Tahun Alumni Angkatan 2002 lulus dari SMA Negeri 3 Malang.  Pada kegiatan donor darah, panitia menargetkan 100 peserta, baik dari masyarakat umum dan alumni bisa terlibat.

Rangkaian acara reuni 20 tahun Bhawikarsu 2002 telah dimulai sejak 20 November 2021. Kegiatan dilanjutkan yoga bersama secara daring dan luring pada 21 November 2021 lalu fun bike pada 12 Desember 2021.

Selanjutnya, diadakan gelar wicara secara daring dengan berbagai tema seperti Dealing with New Normal pada 19 Desember 2021. Kemudian acara bertemakan Sehat Lahir Batin Menjelang 40 pada 12 Februari 2022 dan Biar Hidup Makin Cuan pada 26 Maret 2022.

Donor darah dan puncak reuni menjadi penutup rangkaian acara tersebut. Ketua Pelaksana Reuni 20 Tahun 2002, Aswin Suharsono, berharap keakraban yang kembali terjalin dalam reuni dapat berlangsung seterusnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement