Mudik Lebaran, 11,4 Juta Orang Datang ke Jawa Tengah

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Sejumlah pemudik tiba di Stasiun Kereta Api Tegal, Jawa Tengah.
Sejumlah pemudik tiba di Stasiun Kereta Api Tegal, Jawa Tengah. | Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Pada mudik Lebaran tahun ini ada sedikitnya 11,4 juta warga yang datang ke wilayah Jawa Tengah. Terkait hal itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berterima kasih kepada jajaran kepolisian, TNI dan diback-up jajaran OPD, serta ormas yang mendirikan posko.

“Ujian buat kita setelah selama dua tahun tidak ada mudik dan tahun ini kita menjadi panitia besar mudik. Sampai dengan puncak arus balik tadi malam kondisi masih lancar dengan rekayasa lalu lintas," kata Ganjar dalam halal bihalal virtual dengan pimpinan daerah kota/kabupaten Jateng, Selasa (10/5/2022).

Kesempatan mudik, lanjut Ganjar, juga membuat geliat ekonomi meningkat mulai dari pembelian parcel, dan produk-produk UMKM.

“Hari pertama kita gaspol layani masyarakat kembali, bahan pokok harga dan stok nya mulai tertata dengan baik. Kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri dan mohon maaf lahir dan batin. Kita masih siaga karena Dinas Kesehatan masih memantau adanya penyakit Hepatitis yang menyerang anak dan alhamdulillah di Jateng belum ada,” katanya.

Sementara, KH Doeri Asy'ari yang mengisi hikmah halal bihalal juga mengajak jajaran ASN dan pejabat pemerintahan di Jateng untuk menerapkan syariat berpuasa utamanya prinsip-prinsip buka puasa dan sahur.

“Bapak ibu kalau berangkat kerja pakailan prinsip berbuka. Kalau pulang kerja gunakan prinsip sahur. Wong buka kuwi mesti tepat waktu, kurang lima menit mesti dienteni. Nek pulang kerja pakai prinsip sahur yang paling baik di saat akhir waktu,” jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


BMKG: Esok Jateng Berpotensi Diguyur Hujan dan Petir

Kedatangan Pemudik di Pelabuhan Merak Mulai Berkurang

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark