RPH Surabaya Tolak Sapi dari Empat Daerah

Red: Muhammad Fakhruddin

RPH Surabaya Tolak Sapi dari Empat Daerah (ilustrasi).
RPH Surabaya Tolak Sapi dari Empat Daerah (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PD RPH) Surya Surabaya, Jatim, menolak kedatangan sapi asal empat daerah yang dinyatakan terjangkit wabah penyakit mulut dan kuku yaitu dari Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Mojokerto.

Direktur Utama (Dirut) PD RPH Surya Surabaya, Fajar Arifianto Isnugroho mengatakan penolakan itu sebagai upaya pencegahan agar Kota Surabaya tetap terbebas dari wabah penyakit mulut dan kuku. "Jadi sejak hari Jumat, 6 Mei 2022, ketika beredar kabar wabah PMK, kami segera berkoordinasi dan memutuskan untuk menolak sapi asal empat daerah, yaitu Gresik, Lamongan, Sidoarjo dan Mojokerto," katanya, saat dikonfirmasi, Selasa (10/5/2022).

Selanjutnya, sejak hari Minggu, 8 Mei 2022, RPH Surya Surabaya melakukan pengetatan terhadap setiap sapi yang masuk melalui proses skrining, seperti memeriksa kelengkapan dokumennya. "Kemudian mulai pukul 23.00 WIB nanti malam, kami sediakan dokter untuk memeriksa setiap sapi yang masuk. Jadi selain memeriksa kelengkapan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan atau SKKH, kami juga memastikan kesehatannya," ujarnya.

Fajar mengatakan, tindakan pencegahan lain agar Kota Surabaya tetap terbebas dari wabah PMK, yakni menyemprotkan kandang RPH Surya secara rutin dengan disinfektan. "Karena transmisi PMK tidak hanya melalui udara. Dari bekas kendaraan yang mengangkutnya juga bisa. Sehingga selain sapi-sapi yang telah lolos skrining, kandangnya di RPH Surabaya juga rutin kami semprot disinfektan 'bio safety'," ujarnya.

Baca Juga

Fajar menegaskan, langkah pencegahan tersebut penting dilakukan mengingat Kota Surabaya berlokasi tepat di tengah empat daerah kabupaten yang terjangkit wabah PMK. "Kami berupaya keras. Tindakan pencegahan ini untuk melindungi para mitra jagal kami yang mempercayakan pemotongan hewan ternak di RPH Surya Surabaya, demi memenuhi kebutuhan daging masyarakat yang sehat dan dijamin halal," ucapnya.

Tindakan pencegahan ini, kata dia, dipastikan tidak mempengaruhi suplai kebutuhan daging bagi masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya. "PD RPH Surya Kota Surabaya per hari rata-rata tetap mampu memotong sebanyak 125 hingga 150 ekor seperti yang dibutuhkan masyarakat pada hari-hari biasa," tuturnya.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Soal Penyakit Mulut dan Kuku, Ini Saran Pakar Peternakan

Seratusan Ekor Sapi di Lumajang Diduga Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

304 Ekor Sapi Asal Madura Tiba di Belitung

Jadi Incaran Virus LSD, 100 Ribu Sapi akan Divaksinasi

Pakar: Daging Sapi Terpapar Lumpy Skin tidak Layak Konsumsi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark