Pemkab Batang Usulkan 1.085 Tenaga Kesehatan Non-ASN Jadi PPPK

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Batang Usulkan 1.085 Tenaga Kesehatan Non-ASN Jadi PPPK (ilustrasi).
Pemkab Batang Usulkan 1.085 Tenaga Kesehatan Non-ASN Jadi PPPK (ilustrasi). | Foto: Republika/Fakhri Hermansyah

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, siap memperjuangkan 1.085 tenaga kesehatan non-aparatur sipil negara yang tersebar di 21 puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD) menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja.

Bupati Batang Wihaji mengatakan 1.085 tenaga kesehatan non-ASN itu sudah masuk dalam sistem informasi sumber daya manusia kesehatan (SISDMK) dan data basis Dinas Kesehatan. "Kami berusaha akan memberikan kesempatan dan memperjuangkan pada tenaga kesehatan non-ASN menjadi PPPK. Oleh karena, kami akan ikhtiar mengusulkan tambahan kuota PPPK agar mereka bisa diikutkan," katanya, Selasa (10/5/2022).

Menurut dia, tenaga kesehatan dan tenaga pendidik menjadi prioritas masuk menjadi PPPK sesuai kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Namun, kata dia, untuk kebutuhan tenaga kesehatan itu akan menyesuaikan rasio jumlah fasilitas kesehatan berbanding jumlah penduduk, demikian pula bagi tenaga pendidik.

"Saat ini memang membutuhkan banyak. Akan tetapi, kuota PPPK merupakan kebijakan pemerintah pusat sehingga kami perlu ikhtiar agar harapan para tenaga kesehatan non-ASN bisa menjadi PPPK terwujud," katanya.

Baca Juga

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan 1.085 tenaga kesehatan non-ASN sudah masuk pendaftar dan sesuai rencana kebutuhan sebagai bagian syarat bisa menjadi PPPK. "Jadi, saat ini kami tinggal menyesuaikan kuota dari pemerintah pusat saja. Untuk tahun ini, kuotanya hanya 42 orang saja namun diharapkan ke depan akan terus bertambah," katanya.

Didiet menambahkan jumlah total tenaga kesehatan non-ASN sebanyak 1.085 orang dari 2.398 orang yang sudah menjadi aparatur sipil negara.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Kehadiran ASN di Probolinggo Usai Libur Lebaran Capai 97 Persen

Ridwan Kamil Minta ASN tak Berleha-leha

Hari Pertama Masuk Kerja, 98 Persen ASN di Indramayu Hadir

Ganjar Pranowo: ASN di Jawa Tengah tidak Perlu WFH

Ridwan Kamil Pantau Layanan Publik Pasca Libur Lebaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark