Kamis 12 May 2022 19:13 WIB

Kuota Haji Solo 2022 Sebanyak 260 Orang

Kementerian Agama menentukan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi.

Kuota Haji Solo 2022 Sebanyak 260 Orang (ilustrasi).
Foto: Republika/Binti Sholikah
Kuota Haji Solo 2022 Sebanyak 260 Orang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Kuota haji Kota Solo, Jawa Tengah, pada tahun 2022 sebanyak 260 orang dengan menyesuaikan kriteria yang ditentukan oleh pemerintah pusat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta Hidayat Masykur mengatakan sebetulnya pada tahun 2020 Kota Solo mendapatkan kuota sebanyak 510 calon jemaah haji. Meski demikian, karena pandemi COVID-19 akhirnya pemberangkatan haji ditunda dan pada tahun ini mulai kembali diberangkatkan.

Baca Juga

"Tahun ini Solo hanya mendapatkan kuota 260 calon jemaah haji. Kalau Provinsi Jawa Tengah mendapatkan kuota sebanyak 13.868 calon jemaah haji," katanya, Kamis (12/6/2022).

Meski demikian, calon jemaah haji dari Solo sebanyak 12 orang memilih untuk mengundurkan diri karena pasangannya baik suami maupun istri tidak masuk dalam kriteria pemberangkatan.

 

Ia mengatakan mereka memilih untuk memundurkan keberangkatan tahun depan agar bisa bersama pasangan masing-masing. "Jadi ada yang istri berangkat tapi suami tidak atau sebaliknya. Akhirnya mereka memutuskan untuk memundurkan keberangkatan agar bisa bersama-sama berangkatnya," katanya.

Untuk cadangan calon jemaah haji, kata dia, Solo memiliki 45 cadangan. Ia mengatakan jika kemudian ada kursi yang kosong lagi, maka cadangan tersebut akan naik.

Sementara itu, menurut dia, Kementerian Agama menentukan sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh calon jemaah haji untuk diberangkatkan ke Tanah Suci, salah satunya calon jemaah haji berusia di bawah 65 tahun. "Selain itu yang diberangkatkan tahun ini adalah yang mendapatkan kursi di atas, dalam urutan atas (sesuai daftar tunggu)," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement