Harga Ternak di Tulungagung Turun Terdampak Wabah PMK

Red: Nidia Zuraya

Peternakan sapi (ilustrasi). Harga jual ternak sapi di Kabupaten Tulungagung saat ini mengalami penurunan akibat dampak wabah penyakit mulut dan kuku di sejumlah daerah di Jawa Timur.
Peternakan sapi (ilustrasi). Harga jual ternak sapi di Kabupaten Tulungagung saat ini mengalami penurunan akibat dampak wabah penyakit mulut dan kuku di sejumlah daerah di Jawa Timur. | Foto: Humas Kementan

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG -- Harga jual ternak sapi di Kabupaten Tulungagung saat ini mengalami penurunan akibat dampak wabah penyakit mulut dan kuku di sejumlah daerah di Jawa Timur. Yusuf, pedagang sapi di Pasar Hewan Ngunut Tulungagung, Jumat (13/5/2022), menyebutkan penurunan harga ternak sapi mencapai kisaran Rp 1 juta per ekor.

"Merebaknya wabah PMK menyebabkan penjualan turun. Mungkin banyak warga atau pembeli yang menahan diri tidak beli daging sapi konsumsi sehingga berdampak pada penjualan ternak secara luas," kata Yusuf.

Apalagi, lanjut dia, mayoritas pembeli sapi di Tulungagung dari luar daerah yang sudah terpapar PMK."Penurunan harga bahkan bisa mencapai Rp 2 juta per ekor, " kata Muchlas, pedagang sapi lain menimpali.

Penurunan nilai terjadi saat sapi dijual ke jagal atau pelaku usaha daging konsumsi yang memiliki tempat pemotongan hewan sendiri. Di Tulungagung saat ini, menurut dia, sebenarnya belum ditemukan kasus ternak yang terjangkit PMK.

Baca Juga

Namun, meluasnya kasus PMK di beberapa kabupaten/kota di Jatim telah menyebabkan penjualan ternak, khususnya sapi, mengalami penurunan.Apalagi, sejak pasar-pasar hewan ditutup semua hingga dia pekan ke depan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Baznas Beri Edukasi Pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak

Lebih dari 500 Sapi di Bangka Belitung Terserang PMK

Kabupaten Tasikmalaya Jadi Daerah Wabah PMK

Pemkab Malang Tutup Semua Pasar Daging

Harga Daging Sapi di Pasar Kramat Jati tak Terpengaruh Wabah PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark