'Bedhol Projo' Awali Rangkaian Perayaan Hari Jadi Sleman

Red: Yusuf Assidiq

Kantor Pemkab Sleman.
Kantor Pemkab Sleman. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Prosesi napak tilas 'Bedhol Projo' atau perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dari Ambarrukmo ke Beran Sleman menjadi awal dari rangkaian Puncak Acara Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman, Ahad (15/5/2022).

"Prosesi upacara 'Bedhol Projo' digelar di Pendopo Ambarukmo yang merupakan cikal bakal pusat pemerintahan Kabupaten Sleman," kata Ketua Umum Panitia Hari Jadi ke 106 Kabupaten Sleman, DiY, Aji Wulantara.

Prosesi diawali dengan kenduri yang diikuti Perwakilan Panitia Hari Jadi Sleman, Panewu (Camat) Depok beserta perangkatnya, lurah Caturtunggal, lurah Maguwoharjo, lurah Condongcatur beserta perangkatnya, manajemen Royal Ambarukmo beserta jajaran perangkatnya, dan Abdi Dalem Keraton Yogyakarta bersama satu peleton bregodo kaprajuritan.

"Acara 'Bedhol Projo' ini menandai perpindahan pusat pemerintahan Sleman yang pada saat itu dijabat KRT Murdodiningrat pada periode 1959-1974, dari Ambarukmo ke Beran yang menjadi pusat pemerintahan Sleman sampai saat ini. Perpindahan pemerintahan dilakukan pada 4 Juli 1964," katanya.

Acara diawali dengan doa, kenduri, potong tumpeng, dan 'kembul bujono' (makan bersama). Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kendogo punjering pemerintahan Sleman dari Wawan widianto selaku Panewu Depok kepada Aji Wulantoro Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra selaku Ketua Umum Peringatan Hari Jadi ke-106 Kabupaten Sleman.

Selanjutnya kendogo ini dibawa ke pusat pemerintahan Kabupaten Sleman Beran untuk bergabung ikut dalam Puncak Acara di Lapangan Pemda Sleman.

"Kalau sebelum masa pandemi Covid-19, acara 'Bedhol Projo' ini dilaksanakan cukup meriah yakni dengan acara kirab menggunakan kereta kuda yang diikuti seluruh camat se Kabupaten Sleman," ujarnya.

Pada waktu sebelum pandemi covid, napak tilas dilakukan menyusuri sepanjang Jalan Solo ke barat hingga Tugu Yogyakarta ke barat sampai perempatan Pingit dan melewati jalan Magelang dan disambut dengan meriah oleh masyarakat.

Namun saat ini di masa pandemi pelaksanaan 'Bedhol Projo' dilakukan secara sederhana namun demikian tidak mengurangi makna dari prosesi acara yang dilaksanakan secara khidmat dan penuh makna.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sleman Optimalkan 13 Transfer Depo dan 23 TPS3R Atasi Sampah

Libur Lebaran, Sleman Tembus Satu Juta Kunjungan Wisata

Sleman Gunakan Alat Bantu Transaksi Cegah Antrian

Sleman Sediakan Pasokan Minyak Goreng Curah 6.000 Liter

Peringati HUT, Pemkab Sleman Beri Bantuan Ribuan Paket Sembako

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark