Desa Sumberdodol Magetan Dikembangkan Jadi Sentra Ikan Koi

Red: Yusuf Assidiq

Peserta memperlihatkan ikan koi saat pameran dan bursa ikan koi di Sumberdodol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022). Kegiatan tersebut guna memajukan budidaya ikan koi di wilayah lereng Gunung Lawu itu airnya jernih dan cocok untuk budidaya ikan hias tersebut.
Peserta memperlihatkan ikan koi saat pameran dan bursa ikan koi di Sumberdodol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Sabtu (14/5/2022). Kegiatan tersebut guna memajukan budidaya ikan koi di wilayah lereng Gunung Lawu itu airnya jernih dan cocok untuk budidaya ikan hias tersebut. | Foto: ANTARA/Siswowidodo

REPUBLIKA.CO.ID, MAGETAN -- Dinas Pertenakan dan Perikanan Kabupaten Magetan mengembangkan potensi Desa Sumberdodol di Kecamatan Panekan menjadi sentra budi daya ikan koi dengan menggelar bursa koi di 2022.

Kepala Desa Sumberdodol Karyono mengatakan bursa ikan koi yang ketiga kalinya digelar tersebut berlangsung dua hari 14-15 Mei 2022 di area kompleks Kolam Renang Tirto Mudo, desa setempat.

"Kami suguhkan berbagai jenis ikan koi kepada pecinta ikan koi yang berkunjung. Dari ukuran bibit, sedang, sampai yang besar ada di sini," ujar Karyono saat membuka acara bursa koi di Magetan.

Menurut dia, Desa Sumberdodol yang berada di lereng Gunung Lawu memiliki potensi sumber air yang jernih dan cocok untuk perkembangbiakan ikan koi. Banyak warga setempat yang menjadi peternak ikan koi.

Melihat potensi itu, pemerintah desa setempat bekerja sama dengan Dinas Pertenakan dan Perikanan Magetan menggelar bursa ikan koi. Adapun, di 2022 ini merupakan yang ketiga kalinya digelar.

"Ikan koi yang disediakan di bursa tersebut mulai harga Rp 35 ribu sampai jutaan rupiah. Semua merupakan kualitas terbaik dari budi daya masyarakat Sumberdodol sendiri. Mulai dari jenis kohaku, taisho sanshoku, bekko, asagi, tanco, sampai guromo ada dalam acara ini," kata dia.

Selain untuk mengenalkan Desa Sumberdodol sebagai kampung ikan koi kepada masyarakat luas, kegiatan tersebut juga bertujuan membantu pertumbuhan ekonomi warga desa setempat.

Adapun pengunjung yang datang di bursa ikan koi tersebut tidak hanya berasal dari Magetan, namun juga dari wilayah lain, seperti Madiun, Ngawi, Ponorogo, Nganjuk, dan lainnya.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Tak Hadiri Pernikahan, Calon Pengantin Pria di Magetan Kini Berada di Kalimantan

Keluarga Sudah Tahu Mempelai Pria Akan Kabur dari Pernikahan

Berwisata dengan Buah Tangan Jeruk Pamelo di Magetan

Viral, Calon Pengantin Perempuan Sendirian di Magetan, Laki-lakinya Kemana?

Merasa Difitnah Akun Facebook Andayani, Anggota DPRD Jatim Lapor Polres Magetan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark