Selasa 17 May 2022 16:48 WIB

Lepas Pandemi, Sleman Dorong Kebangkitan UMKM

Pemkab mencatat ada sebanyak 90 ribu lebih UMKM di Sleman.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, saat menutup kegiatan Pameran UMKM dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Kolaborasi UMKM dalam Era DIgital di Sleman City Hall (SCH).
Foto: Dokumen
Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, saat menutup kegiatan Pameran UMKM dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Kolaborasi UMKM dalam Era DIgital di Sleman City Hall (SCH).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pameran UMKM dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Kolaborasi UMKM dalam Era DIgital yang berlangsung enam hari di Sleman City Hall (SCH) ditutup. Penutupan dilakukan pada puncak kegiatan pameran oleh Wakil Bupati Sleman, DIY, Danang Maharsa.

Danang menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan pameran yang melibatkan pelaku-pelaku UMKM dan sektor pariwisata di Sleman. Menurutnya, kegiatan itu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi setelah pandemi.

Ia menekankan, Pemkab Sleman akan terus mendukung kegiatan seperti ini sebagai salah satu usaha mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi, terutama pasca pandemi. Apalagi, Danang mengungkapkan, UMKM di Sleman terus alami peningkatan.

Khususnya, lanjut Danang, dalam jumlah UMKM. Danang mencontohkan, selama masa pandemi Covid-19 berlangsung terdapat peningkatan jumlah UMKM di Kabupaten Sleman. Pemkab mencatat ada sebanyak 90 ribu lebih UMKM di Sleman.

 

"Kita bersyukur meski ada pandemi, tapi jumlah UMKM di Sleman terus meningkat. Ini menjadi perhatian pemerintah untuk melakukan pendampingan UMKM agar bisa mengembangkan produknya, sehingga bisa diterima masyarakat," kata Danang, Selasa (17/5/2022).

Perwakilan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kabupaten Sleman, Tetra Budiarto mengaku bersyukur, pameran UMKM dan pariwisata kali ini mendapatkan respon yang sangat baik. Terutama, dari pelaku UMKM dan pariwisata di Sleman.

Ia menilai, melandainya kondisi pandemi di Indonesia disambut gembira pelaku-pelaku UMKM, sehingga dapat kembali memasarkan produknya seperti dalam kegiatan seperti pameran tersebut. Tetra menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sleman.

"Adapun dukungan Pemkab Sleman dalam kegiatan tersebut yaitu memfasilitasi pelaku-pelaku UMKM dalam sertifikasi halal produk-produknya," ujar Tetra.

Pameran diikuti 46 stan UMKM yang dikolaborasikan dengan pariwisata ekonomi kreatif. Dari segi pengunjung, pameran UMKM dan pariwisata tahun ini jauh lebih ramai dari pameran serupa yang sempat digelar HIPPI DPC Sleman pada 2019/2020.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan pula hadiah-hadiah lomba yang telah digelar sebagai rangkaian kegiatan pameran. Danang menyerahkan secara langsung hadiah terhadap juara lomba Senam Sleman Bangkit, Line Dance, dan lomba Fashion Show.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement