Surabaya Gelar Pelayanan Publik Terintegrasi Sambut Hari Jadi Kota

Red: Muhammad Fakhruddin

Surabaya Gelar Pelayanan Publik Terintegrasi Sambut Hari Jadi Kota (ilustrasi).
Surabaya Gelar Pelayanan Publik Terintegrasi Sambut Hari Jadi Kota (ilustrasi). | Foto: Antara/Didik Suhartono

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur menggelar pelayanan publik terintegrasi di lima lokasi guna menyambut Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan bahwa pelayanan publik terintegrasi mencakup 20 jenis pelayanan termasuk pelayanan kesehatan umum dan spesialistik, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan laboratorium, penyuluhan penggunaan obat, vaksinasi COVID-19, dan konsultasi gizi.

"Selanjutnya ada layanan keluhan dan pengaduan masyarakat melalui media center, layanan informasi lowongan pekerjaan, layanan pengaduan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta usulan pemberdayaan ekonomi, layanan informasi ambulans, dan layanan informasi persyaratan UMKM," kata Nanik, Rabu (18/5/2022).

Di samping itu, ia mengatakan, pemerintah kota menyediakan layanan perlindungan masyarakat, layanan pajak, layanan pengaduan jalan, saluran, dan jembatan, layanan informasi perumahan dan permukiman, layanan pendaftaran anak usia sekolah, layanan pengaduan lingkungan dan informasi perizinan lingkungan, serta layanan informasi kependudukan dan informasi program sosial masyarakat.

Baca Juga

Pelayanan publik terintegrasi juga mencakup layanan penanaman modal, pelayanan perizinan serta informasi perizinan, layanan informasi kepemudaan dan olahraga, layanan pengusulan alat dan lapangan olahraga, layanan informasi pemotongan hewan, layanan air bersih, layanan hukum dan kerja sama, layanan rujukan kesehatan, layanan informasi pembayaran zakat, dan layanan informasi bantuan sosial.

Pemerintah kota menyelenggarakan pelayanan publik terintegrasi dikawasan Jalan Kupang Gunung Timur I, Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, pada Selasa (17/5); lingkungan RW 02 Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, pada Rabu (18/5); Gelanggang Remaja Kecamatan Tambaksaripada Kamis (19/5); Jalan Dupak Bangunsari 04 Kecamatan Krembanganpada Jumat (20/5); dan Taman Cahaya di Kecamatan Pakal pada Sabtu (21/5).\

Nanik mengatakan bahwa pada tanggal 17 sampai 18 Mei 2022 juga ada kegiatan pelayanan kontrasepsi bagi 300 orang di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) IBI Surabaya. "Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 WIB dan bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Surabaya," ujarnya.

Selain itu, ia melanjutkan, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan PMI akan menyelenggarakan kegiatan donor darah pada 25 Mei 2022 mulai pukul 07.30 WIB di Balai Kota Surabaya. Rangkaian peringatan HJKS ke-729, menurut dia, juga mencakup acara istigasah di kawasan Tugu Pahlawanpada 29 Mei 2022 serta penyerahan bantuan729 bantuan kursi roda, 7.290 paket sembako dari BAZNAS, dan hadiah bagi juara Musabaqah Tilawatil Quran.

Pada puncak perayaan HJKSpada 31 Mei 2022, menurut Nanik, akan dilakukan penyerahan bantuan Program Kewirausahaan Sosial bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kota Surabaya. "Total bantuan yang diserahkan sebesar Rp300 juta. Bantuan itu diberikan kepada kelompok usaha jahit, kelompok usaha laundry(penatu), dan kelompok usaha servisHP," ujar dia.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Hari Buku Nasional Jadi Momentum Peningkatan Literasi Masyarakat

Cara Kampus Swasta di Surabaya Gaet Mahasiswa Baru Eks Peserta SBMPTN

Wisata Refreshing, Berakhir Bencana

Peternak Minta Penanganan Wabah PMK Tuntas Sebelum Idul Adha

Truk Box Oleng Tabrak Tiang JPO di Tol Ngawi, 2 Warga Surabaya Meninggal Dunia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark