Pelonggaran Masker, Ganjar Ingatkan Masyarakat Tetap Memproteksi Diri

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pelonggaran Masker, Ganjar Ingatkan Masyarakat Tetap Memproteksi Diri. Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo.
Pelonggaran Masker, Ganjar Ingatkan Masyarakat Tetap Memproteksi Diri. Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo. | Foto: dok. istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Kewajiban memakai masker di luar ruangan --dalam rangka mencegah penularan Covid-19--  telah dilonggarkan. Kendati begitu, warga Jawa Tengah diminta tetap  sadar pentingnya perlindungan diri.

“Nggak apa- apa, masyarakat tidak memakai masker saat di tempat terbuka, tetapi harus dengan kesadaran untuk memproteksi dirinya sendiri,” ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menanggapi kebijakan pelonggaran masker di luar ruangan, di Semarang, Rabu (18/5/2022).

Menurut gubernur, pelonggaran boleh tetapi masyarakat juga tetap harus melihat situasi dan kondisi di mana mereka berada, sebagai bentuk kehati- hatian atas kemungkinan risiko yang dimungkinkan masih bisa terjadi.

Masyarakat boleh tidak mengenakan masker saat berada di luar ruangan, namun tetap menjaga diri jika masih ada keumunan banyak orang. “Maka --dalam kondisi tersebut-- saya kok menyarankan tetap memakai masker,” tegasnya.

Baca Juga

Ganjar juga menyampaikan, kondisi Covid-19 saat ini memang terus melandai. Di Jawa Tengah sendiri hampir semua daerah tidak ada penambahan kasus yang signifikan dan rumah sakit --hampir semuanya-- juga tidak merawat pasien Covid-19 dalam jumlah yang banyak.

Namun bagitu, pelonggaran aturan pakai masker untuk aktivitas di luar ruangan juga harus diikuti dengan kesadaran untuk terus melindungi diri dan orang lain.

Tentunya pengalaman pandemi yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun, tentunya harus memotivasi kesadaran masyarakat untu tetap meminimalkan tisiko. Kapan kemudian kita harus memproteksi diri.

Contoh lainnya, pada saat kondisi sdang tidak enak badan, saat berada di luar ruangan hendaknya juga jangan melupakan upaya untuk melindungi diri. “Ketika kita agak tidak enak badan, segera  pakai masker sehingga akan tetap bisa memproteksi,” tegasnya.

Ganjar juga sepakat dengan pernyataan beberapa pakar yang menyatakan bahwa memakai masker tidak hanya melindungi diri dari Covid-19 tetapi juga penyakit lain.

Misalnya hepatitis akut yang baru-baru ini muncul dan menjangkit anak- anak. Penyakit itu sampai saat ini memang belum diketahui secara cara penularannya.

Namun ada dugaan penyakit misterius tersebut bisa menular melalui saluran cerna dan saluran napas. Apalagi ada anak- anak yang memiliki potensi bisa terkena penyakit hepatitis akut tersebut.

Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari otoritas kesehatan terkait dengan bagaimana cara penularannya. “Saya ingin, untuk anak- anak memang harus tetap hati –hati dan  kepentingannya untuk melindungi anak- anak kita sendiri,” tegasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Siapa yang Dipilih PDIP, Puan atau Ganjar? Ini Kata Pengamat

Wagub Riza: DKI Segera Menyesuaikan Kebijakan Soal Masker

Khofifah Sambut Baik Pelonggaran Penggunaan Masker

Sholat Jamaah Bebas Masker, Dradjad: MUI Jangan Kebablasan

Pelonggaran Masker Jadi Tanda Transisi Pandemi ke Endemi di Indonesia Dimulai

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark