Wakil Bupati Sleman Dorong Partisipasi Perempuan di Politik

Red: Muhammad Fakhruddin

Wakil Bupati Sleman Dorong Partisipasi Perempuan di Politik (ilustrasi).
Wakil Bupati Sleman Dorong Partisipasi Perempuan di Politik (ilustrasi). | Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Yogyakarta,Danang Maharsamendorong partisipasi perempuan untuk lebih percaya diri dalam berkiprah di bidang politik.

"Perempuan saat ini mempunyai peran yang cukup besar dalam kegiatan dan organisasi kemasyarakatan, sehingga perempuan juga harus percaya diri untuk terjun di dunia politik," kata Danang di acara seminar Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Politik di Yogyakarta, Rabu (18/5/2022).

Dalam Undang-undang (UU) Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum dan UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik, dia mengingatkan ada potensi keterlibatan perempuan minimal 30 persen dalam pemilu anggota legislatif.

"Pada Pemilu 2019, keterwakilan perempuan di lembaga legislatif nasional (DPR) ada sebanyak 20,8 persen atau 120 anggota legislatif perempuan dari 575 anggota DPR RI," sebutnya.

Baca Juga

Dalam Pileg DPRD Kabupaten Sleman tahun 2019, lanjutnya, tercatat 28 persen atau 14 orang politikus perempuan yang terpilih menjadi anggota legislatif di Sleman. "Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada Pemilu 2014, yakni 13 orang. Maka, melalui kegiatan ini diharapkan perempuan lebih percaya diri dan yakin untuk berkiprah dalam politik," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)Kabupaten Sleman Indra Darmawan mengatakan kegiatan seminar terkait peran perempuan dalam politik itu telah dilakukan secara rutin sejak 2018.

Lewat kegiatan yang diikuti perwakilan dari 16 partai politik tersebut, dia mengatakan telah memberikan dampak positif bagi partisipasi perempuan dalam bidang politik di Kabupaten Sleman. "Seperti contohnya, Bupati Sleman saat ini juga perempuan dan merupakan bupati perempuan pertama di Sleman. Itu contoh yang paling signifikan," kata Indra.

Kegiatan tersebut akan terus dilakukan untuk memberikan edukasi dan motivasi kepada perempuan untuk berpartisipasi dalam politik, katanya. Hal itu juga tidak menutup kemungkinan untuk mengadakan kegiatan serupa bagi kalangan umum di luar anggota partai politik.

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Bupati Sleman Kukuhkan Jaringan Petani Milenial Berbah

Bupati Sleman: UMKM Harus Manfaatkan Pasar Digital

Sepekan Tak Keluar Rumah, Perempuan Ditemukan Meninggal dalam Rumah

Kemenkominfo Gali Potensi Industri Gim bagi Perempuan

Syarat Perempuan yang Aktif Berhubungan Seksual Bisa Dapat Vaksin HPV

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark