Polresta Mojokerto Awasi Mobilisasi Hewan PMK

Red: Muhammad Fakhruddin

Polresta Mojokerto Awasi Mobilisasi Hewan PMK (ilustrasi).
Polresta Mojokerto Awasi Mobilisasi Hewan PMK (ilustrasi). | Foto: Republika

REPUBLIKA.CO.ID,MOJOKERTO -- Polresta Mojokerto rutin melakukan patroli dan penyekatan di pos pantau dalam rangka untuk memantau mobilisasi hewan di tengah wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, khususnya sapi, di wilayah setempat.

Kapolresta Mojokerto AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan bahwa pihaknya menjadikan wabah PMK ini sebagai atensi dan segera mengambil tindakan dengan memerintahkan para kapolsek bersama pemangku kepentingan melakukan pemantauan hewan ternak daerah masing- masing. "Hal itu untuk meminimalisasi secara detail dalam mencegah penularan penyakit PMK pada sapi," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

Ia mengatakan bahwa pengecekan kesehatan hewan ternak sapi sangat membantu para peternak sapi untuk mengurangi rasa khawatir akan terjangkit penyakit PMK yang menular pada sapi. "Maka, kami bersama petugas berkolaborasi bersama-sama melakukan pemantauan terhadap hewan ternak tersebut," katanya.

AKBP Rofiq mengatakan bahwa pemantauan tersebut rutin supaya bisa segera mengambil tindakan cepat kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan. "Syukur alhamdulillah hari ini kami telah membantu meringankan kekhawatiran masyarakat tentang penyakit PMK ini," katanya.

Baca Juga

Dari pos pantau gabungan, Kapolsek Kemlagi AKP Sugeng Budi Santoso bersama pemangku kepentingan setempat berkeliling dari kandang sapi ke kandang lainnya untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak sapi yang ada di Kecamatan Kemlagi. "Kami memantau dan melihat kondisi sapi agar tidak ada yang terjangkit PMK yang marak akhir-akhir ini," ujarnya.

Ia berharap warga tidak takut melapor kepada petugas apabila hewan ternak mereka mengalami penurunan kesehatan dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh pada gusi, luka pada kuku atau kuku terlepas, lepuh pada mukosa mulut, dan lepuh di lidah. "Terima kasih para petugas yang sudah turun untuk mengecek kesehatan hewan ternak sapi," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kasus Penyakit Mulut dan Kuku Hewan tidak Ditemukan di Temanggung

Antisipasi PMK, RPH Kota Bandung Lockdown Sejak 14 Mei

DKI Antisipasi Efek Wabah PMK Terhadap Sektor Ekonomi

Dua Kecamatan di Surabaya Lockdown Akibat PMK

Cium Dugaan Pelanggaran BPNT di Mojokerto, Polisi Panggil Pejabat Dinsos

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark