DPRD Surabaya Minta Jam Operasional Suroboyo Bus Diperpanjang

Red: Muhammad Fakhruddin

Armada Suroboyo Bus bertarif Rp 5.000 untuk penumpang umum serta Rp 2.500 untuk pelajar dan mahasiswa.
Armada Suroboyo Bus bertarif Rp 5.000 untuk penumpang umum serta Rp 2.500 untuk pelajar dan mahasiswa. | Foto: Dok Pemkot Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Komisi C Bidang Pembangunan DPRD Kota Surabaya, Jawa Timur, meminta pemkot setempat memperpanjang jam operasional Suroboyo Bus dan Teman Bus Trans Semanggi Suroboyo hingga pukul 23.00 WIB.

Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya William Wirakusuma mengatakan, saat ini sudah ada pelonggaran aktivitas masyarakat seiring sudah terkendalinya COVID-19 dan banyaknya warga Surabaya yang sudah mendapatkan vaksin lengkap bahkan booster.

"Saya bersyukur karena setelah Lebaran tidak ada kenaikan pasien COVID-19, dan perekonomian juga berjalan semakin baik. Liburan kemarin tempat wisata Surabaya juga sudah banyak dikunjungi oleh warga," kata William, Jumat (19/5/2022).

Menurut dia, pihaknya menerima beberapa keluhan dari para pekerja wisata kuliner dan mal serta warga pada saat reses dan juga melalui sosial media tentang tidak adanya transportasi umum yang beroperasi saat mereka pulang kerja. "Kebanyakan warga luar kota kalau ke Surabaya ya ke mal atau wisata kuliner. Nah jam operasional mal kan sampai jam 22.00 WIB begitu juga tempat-tempat wisata kuliner. Karena itu harus ada transportasi umum bagi warga juga khususnya pekerja di mal maupun tempat-tempat kuliner," katanya.

Baca Juga

Ketika jam operasional mal dan tempat kuliner sampai jam 22.00 WIB, maka William juga menyampaikan bahwa pegawai harus melakukan cleaning atau pembersihan tempat kerja mereka. Karena itu, para pekerja baru bisa pulang sekitar jam 22.30 atau 23.00 WIB.

"Seringkali banyak penumpang tidak terangkut karena jam operasional bus selama ini hanya sampai pukul 21.00 WIB, padahal dengan adanya bus ini diharapkan dapat mengurangi biaya transportasi para pekerja," kata William.

Dia menambahkan, bus yang beroperasi di Kota Surabaya seharusnya dapat melihat kebutuhan masyarakat ini supaya masyarakat mulai berpindah ke transportasi umum. "Para pekerja ini kan sudah capek bekerja jika naik transportasi umum bisa lebih santai dan tidak terlalu capek dibandingkan mengendarai kendaraan pribadi. Kalau capek juga konsentrasi berkurang. Seharusnya ada bus yang masih jalan sampai pukul 23.00 WIB meski mungkin headwaynya lebih jarang, tiap 20-30 menit misalnya," ujar dia.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengajak seluruh warga Kota Pahlawan untuk bersama-sama menggunakan transportasi massal Suroboyo Bus dan Teman Bus dengan tujuan mengurangi kemacetan dan mengurangi polusi, kalau mobilnya banyak dan motornya banyak, bisa menyebabkan macet dan polusinya banyak.

"Semoga bus ini (Suroboyo Bus dan Teman Bus) bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi umat di Kota Surabaya," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Perempuan Pengemudi Suroboyo Bus Kenakan Kebaya di Hari Kartini

Program Teman Bus di Surabaya bernama Trans Semanggi Suroboyo

Naik Suroboyo Bus Kini Bisa Bayar Pakai Kartu Seperti di Tol

Naik Suroboyo Bus Kini Bisa Bayar Pakai Uang Elektronik

Siswa Sekolah di Surabaya Diusulkan Gratis Naik Bus BTS

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark