Pemkab Samosir Tiru Yogyakarta dalam Pengembangan Sektor Pariwisata

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Samosir Tiru Yogyakarta dalam Pengembangan Sektor Pariwisata (ilustrasi).
Pemkab Samosir Tiru Yogyakarta dalam Pengembangan Sektor Pariwisata (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN -- Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, meniru sejumlah langkah yang dilakukan Yogyakarta dalam mengelola dan mengembangkan sektor pariwisata, khususnya dalam hal pelayanan kepada wisatawan.

"Kita bisa belajar banyak dari Yogyakarta yang mampu mengembangkan pariwisata melalui ekonomi kreatif, dan kita harus akui bahwa pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan aspek yang saling berkaitan dan menguatkan," kata Bupati Samosir, Vandiko T. Gultom di Medan, Kamis (19/5/2022).

Hal itu ia sampaikan saat menghadiri acara peluncuran Kampung Nusantara Tahunan (Yogyakarta) Mitra Kampung Toba, bersama bupati se-Kawasan Danau Toba. Acara dibuka secara langsung oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, di Kampung Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta.

Acara ini merupakan tindak lanjut atas kunjungan Walikota Yogyakarta ke kabupaten di Kawasan Danau Toba pada bulan Maret lalu, dengan tujuan untuk membangun kemitraan antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan kabupaten di Kawasan Danau Toba dalam hal peningkatan pariwisata dan UMKM.

Baca Juga

Bupati Samosir di sela-sela acara peresmian tersebut menjelaskan bahwa program kerja sama tersebut diyakini mampu memberikan dampak yang positif bagi pengembangan pariwisata di Kawasan Danau Toba dan Samosir secara khusus.

Kelebihan Yogyakarta di bidang pariwisata yang dapat ditiru oleh kabupaten di Kawasan Danau Toba, khususnya Kabupaten Samosir adalah aspek pelayanan kepada para wisatawan. Aspek pelayanan ini merupakan kunci bagaimana para wisatawan dapat betah dan menghabiskan waktu lebih lama berlibur di daerah Samosir.

"Kita bisa melihat sendiri bagaimana seluruh pelaku wisata di Yogyakarta melayani para wisatawan dengan ramah dan antusias. Harapannya juga keramahan seperti ini bisa ditiru oleh pelaku wisata di Samosir, dan ke depan pelayanan kita kepada wisatawan bisa ditingkatkan lagi," katanya.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti menjelaskan bahwa program kemitraan akan menumbuhkan kerja sama yang lebih baik lagi antara kedua kampung se-kawasan Danau Toba dan Yogyakarta dalam peningkatan pariwisata, budaya, UMKM, dan lainnya.

Kemitraan antara Kampung Wisata Tahunan dengan Kampung Toba merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan tiga kabupaten di sekitar Danau Toba yaitu, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba, dan Kabupaten Tapanuli Utara.

 

 

Terkait


Libur Waisak, Pantai Parangtritis Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pemerintah Segera Tata kawasan Tomok Samosir untuk Dukung Wisata Toba

Pascacuti Bersama, Kawasan Malioboro Masih Ramai oleh Wisatawan

80.000 Wisatawan Serbu Yogyakarta Selama Libur Lebaran 2022

Wisatawan di Yogyakarta Diimbau Tertib Lalu Lintas

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark