Ikuti Goweser, Para Rektor di DIY Lalui Rute Sepanjang 19 Km

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Para rektor mengikuti kegiatan Goweser dengan menjelajah rute sepanjang 19 kilometer mengelilingi beberapa kampus di DIY.
Para rektor mengikuti kegiatan Goweser dengan menjelajah rute sepanjang 19 kilometer mengelilingi beberapa kampus di DIY. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Para pemangku kebijakan dan penyelenggara pendidikan tinggi (PT) di DIY mengikuti Gowes Para Rektor (Goweser), Ahad (22/5/2022). Goweser putaran kelima tersebut diikuti sekitar 100 orang yang terdiri dari para rektor dan jajaran penyelenggara pendidikan tinggi, termasuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah V.

Goweser dilaksanakan dengan mengelilingi beberapa kampus di DIY. Rute yang dilalui mencapai 19 kilometer. Rektor Universitas Widya Mataram (UWM), Edy Suandi Hamid mengatakan, Goweser dilaksanakan dari kantor LLDikti V Yogyakarta yakni di Jalan Tentara Pelajar Yogyakarta.

Kemudian, rute dilanjutkan menuju Jalan Magelang yakni ke Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi AAN, dan Sekolah Tinggi Maritim Yogyakarta (Stimaryo). "Para goweser dengan semangat melanjutkan perjalanannya menyusuri jalan menuju kampus SBI, STIE YKPN, ITNY, UAJY, UKDW," kata Edy.

Pada kampus tertentu, katanya, para Goweser berhenti untuk menikmati kudapan ringan yang disediakan oleh pengelola masing-masing kampus. Setelah itu,  peserta melanjutkan perjalanan hingga sampai di persinggahan terakhir yakni di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

Gowes putaran kelima ini, kata Edy, bertepatan dengan syawal. Di persinggahan terakhir, peserta Goweser menjadikan kegiatan tersebut sebagai kesempatan untuk melaksanakan syawalan sekaligus reuni akbar di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND.

"Dengan ini saya mengucapkan selamat Idul Fitri, maaf lahir batin," ujar Edy yang juga ketua Goweser tersebut.

Menurut Edy, kegiatan Goweser ini semakin mengukuhkan eksistensi para penyelenggara pendidikan. Termasuk di dalamnya asosiasi-asosiasi perguruan tinggi di DIY.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Indonesia (UII), Fathul Wahid mengatakan, silaturahim gowes ini sangat membumi dan terus meluaskan jejaring di kalangan penyelenggara perguruan tinggi. Menurutnya, keramahan yang tercipta dari kegiatan gowes itu juga bagian dari proses menciptakan DIY yang berhati nyaman.

"Ajang olahraga ini bisa mempertemukan para tokoh pendidikan, suatu kenyataan luar biasa ketika lima koordinator Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah V bisa bergabung di gowes," kata Fathul yang juga ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Islam (Aptisi) tersebut.

Tuan rumah Goweser putaran kelima ini merupakan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND. Rektor Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, Edhy Sutanta mengatakan, gowes menjadi forum yang sangat kondusif untuk bersinergi dan berkolaborasi antar perguruan tinggi di DIY.

Goweser putaran berikutnya yakni putaran keenam, dijadwalkan pada 23 Juli 2022 nanti dengan tuan rumah Universitas Islam Indonesia (UII). Untuk Goweser di putaran ketujuh, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menjadi tuan rumah yang rencananya akan digelar pada September 2022.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark