Senin 23 May 2022 13:21 WIB

PLN Lakukan Pemeliharaan Rutin Sistem Kelistrikan Surabaya-Sidoarjo

GIS Waru harus tetap menjaga keandalan pasokan listrik.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin
PLN Lakukan Pemeliharaan Rutin Sistem Kelistrikan Surabaya-Sidoarjo (ilustrasi).
Foto: Antara/Ampelsa
PLN Lakukan Pemeliharaan Rutin Sistem Kelistrikan Surabaya-Sidoarjo (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Surabaya melakukan pemeliharaan sejumlah komponen pada Gas Isolated Substation (GIS) 70 KV Waru.

General Manager PLN UIT JBM, Didik F. Dakhlan menjelaskan, pemeliharaan dilakukan untuk mempertahankan keandalan sistem dan menjaga keberlangsungan penyaluran energi listrik melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT). 

Baca Juga

Didik menjelaskan, sistem kelistrikan transmisi 70 kV GIS Waru yang berlokasi di Surabaya dan Sidoarjo memiliki peran yang sangat penting. Sistem kelistrikan tersebut merupakan bagian vital dalam sistem kelistrikan transmisi 70 kV di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. 

"Kami baru saja melangsukan pemeliharaan pada GIS Waru 70 kV yang merupakan jalur vital di sistem Surabaya-Sidoarjo. Pekerjaan ini terbilang penting untuk mensuplai listrik ke sebagian besar Industri yang berada di Surabaya dan Sidoarjo, sehingga para pelaku usaha bisa tetap maksimal," kata Didik, Senin (23/5/2022).

Didik mengatakan, dengan kondisi perekonomian yang sudah mulai membaik, GIS Waru harus tetap menjaga keandalan pasokan listrik dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan-pelanggan, terutama pelanggan industri di Surabaya dan Sidoarjo. Pemeliharaan pada sistem kelistrikan 70 kV GIS Waru ini merupakan suatu upaya preventive yang dilaksanakan setiap dua tahun.

“Ini merupakan langkah pencegahan yang kami lakukan agar tidak terjadinya gangguan internal yang disebabkan karena tidak optimalnya material. Ke depan, kami juga akan melakukan pekerjaan di beberapa aset yang kami kelola," ujar Didik.

Manager UPT Surabaya, Christian Ismunandar mengatakan, dengan pemeliharaan, pembersihan, dan pengujian pada MTU (Material Transmisi Utama), PLN dapat mencegah terjadinya kerusakan yang berdampak gangguan pada sistem kelistrikan transmisi. Ia pun memastikan, seluruh petugas menggunakan alat pelindung diri dalam melakukan pemeliharaan demi menjaga dan mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

"Dengan adanya pemeliharaan ini kesiapan instalasi di GIS Waru semakin andal dan kepuasan pelanggan akan meningkat seiring dengan kualitas pelayanan yang diberikan PLN," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement