BMKG Prakirakan Jatim Alami Hujan Lebat Disertai Petir

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Fernan Rahadi

Hujan deras/ilustrasi
Hujan deras/ilustrasi | Foto: Flickr

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda telah mengungkapkan peringatan dini cuaca di sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim). Hal ini terutama untuk periode 23, 24 sampai 25 Mei 2022.

Pada laporan resminya, BMKG Juanda mendorong warga untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Peringatan ini terutama ditunjukkan untuk wilayah Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Trenggalek, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang. Wilayah-wilayah ini diperkirakan akan mengalami hujan pada 23 Mei 2022 sekitar siang hingga sore hari.

Pada hari berikutnya, BMKG Juanda memperkirakan cuaca hujan akan terjadi di Sumenep pada pagi dan dini hari. Kemudian pada siang hingga sore hari akan terjadi di wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bangkalan. 

Adapun cuaca hujan pada 24 Mei 2022 akan terjadi di wilayah Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Sumenep pada pagi hari. Sementara itu, pada siang hingga sore hari akan terjadi hujan berintensitas sedang hingga tinggi di wilayah Gresik. Kemudian juga di wilayah Bojonegoro, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Lumajang dan Bangkalan akan mengalami hal serupa. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Sutanto mengatakan, cuaca di Jatim untuk tiga ke depan umumnya cenderung cerah berawan. "Akan tetapi beberapa wilayah berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat," ucap Teguh saat dikonfirmasi Republika, Senin (23/5/2022).

Menurut Teguh, saat ini Jatim memang masih dalam kondisi peralihan musim. Pada umumnya saat peralihan musim, kata dia, kondisi hujan lebat masih berpotensi terjadi secara tidak merata. Dengan kata lain, kondisi tersebut bisa terjadi dalam ruang lingkup yang  lokal. 

Di samping itu, Teguh juga meminta warga tetap waspada dalam menghadapi peralihan cuaca. "Perlu diwaspadai juga adanya angin kencang yang dapat merobohkan pohon atau bangunan yang lapuk," ucapnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Jakarta Cerah Hari Ini

Longsor Bebatuan Hambat Arus Kendaraan di Jalur Garut-Bandung

Horee.. Cuaca Sejumlah Lokasi Wisata di Jatim Diprakirakan Cerah

Lebaran, Sejumlah Provinsi Berpotensi Diguyur Hujan

BMKG: Mayoritas Wilayah Indonesia Hujan Berintensitas Ringan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark