DIY Zero Tambahan Kasus Covid-19, Dinkes Harap Prokes Tetap Dijalankan

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setjaningastuti.
Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembayun Setjaningastuti. | Foto: Neni Ridarineni.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY tetap meminta masyarakat untuk tetap waspada pada penyebaran Covid-19. Masyarakat pun diminta untuk terus melaksanakan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes DIY, Pembayun Setyaningastutie, menyusul kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dilaporkan nol (zero) pada 23 Mei 2022 kemarin. Pelaksanaan prokes tetap diminta dilakukan meskipun sudah ada pelonggaran prokes yakni masker di area terbuka yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Kami berharap prokes selama masa pandemi tetap diberlakukan terlebih dahulu," kata Pembayun di Yogyakarta, Selasa (24/5/2022).

Ia menegaskan, kewaspadaan terhadap Covid-19 ini perlu karena kondisi masih pandemi. Meskipun kasus sudah melandai, namun belum ada keputusan dari pemerintah pusat menyatakan bahwa sudah ada transisi pandemi menuju ke endemi.

"Harapan kami sekalipun kasusnya melandai, tetapi kalau pemerintah belum memberikan declare atau belum memberikan statement bahwa kita masuk ke masa endemi, kami berharap prokes selama masa pandemi tetap diberlakukan," ujarnya.

Terkait dengan zero penambahan kasus Covid-19 ini di DIY, Pembayun mengatakan data diambil dari sistem New All Record (NAR). Ia berharap ke depannya terus dilaporkan zero penambahan kasus Covid-19 di DIY.

"Nol report, memang tidak ada, di kabupaten/kota juga tidak ada (laporan kasus baru). Harapan kita memang itu yang terjadi di lapangan, kalaupun memang masih ada beberapa kasus hanya flu-flu biasa yang merupakan satu gejala dari Omicron, tapi setelah di-swab baik antigen maupun PCR, hasilnya nol," jelas Pembayun.

Seperti diketahui, kondisi penyebaran Covid-19 di DIY terus terkendali. Hal ini ditunjukkan dengan penambahan kasus terkonfirmasi positif yang terus turun.

Bahkan, pada 23 Mei 2022, Satgas Penanganan Covid-19 DIY melaporkan zero (nihil) penambahan kasus baru Covid-19. Hal ini merupakan pertama kalinya tidak ada penambahan kasus baru Covid-19 di DIY selama 2022.

"Alhamdulillah penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DY sebanyak nol kasus," kata Kepala Bagian Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji kepada wartawan, Senin (23/5).

Dengan nihilnya penambahan kasus baru Covid-19 di DIY, menjadikan total kasus tetap sebanyak 220.641 kasus. Pemeriksaan sampel hari ini dilakukan terhadap 1.745 orang di DIY.

Saat ini, Satgas Penanganan Covid-19 DIY mencatat kasus aktif di angka 104 kasus. "Positive rate harian Covid-19 per 23 Mei ini 0,00 persen karena tidak ada penambahan kasus," ujar Ditya.

 

Terkait


Pertama Kalinya, DIY Nihil Penambahan Kasus Covid-19

Disdikbud Paser Hentikan PTM Satu Sekolah Setelah Siswa Positif Covid-19

Pelajar Senang Bisa PTM, Kapolri: Fokus Gapai Cita-Cita Agar Jadi Kebanggan Keluarga

Lacak Penyebaran Covid-19, Kemenparekraf Minta Aplikasi PeduliLindungi Diterapkan

Kasus Covid-19 Nasional Bertambah 213, DKI Jakarta Paling Banyak

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark