Menhub Dinilai Layak Terima Gelar HC Bidang Transportasi

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa di Balai Senat Kampus UGM, Sleman, DI Yogyakarta.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti upacara penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa di Balai Senat Kampus UGM, Sleman, DI Yogyakarta. | Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Mengomentari gelar Honoris Causa (HC) yang diterima Menteri Perhubungan (Menhub), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menilai Budi Karya Sumadi layak mendapatkannya.

Di mata Ganjar, Budi Karya Sumadi merupakan sosok yang memiliki komitmen besar terhadap profesi maupun tanggung jawab yang diberikan, selain memang berpengalaman di bidang dan lingkup kerjanya.

Salah satu buktinya adalah pada saat masyarakat berbondong-bondong mudik, setelah dua tahun menahan diri. “Alhamdulillah kemarin mudiknya (1443 Hijriah) relatif lancar, karena persiapan yang dilakukan Menhub,” ungkapnya, di Semarang.

Budi Karya Sumadi, masih lanjut Ganjar, telah membuat berbagai terobosan agar hajat mudik Lebaran oleh masyarakat menjadi lebih efisien, salah satunya melalui program mudik gratis dengan kapal laut.

Menurutnya, ‘merayu’ rakyat agar yang akan mudik naik sepeda motor tidak masuk ke jalan raya, tetapi diangkut dengan kapal laut dengan pertimbangan keselamatan di jalan raya dan lebih efisien bukan persoalan mudah. “Ini salah satu yang menurut saya keren,” tambahnya.

Selain terobosan saat mudik Lebaran 2022, lanjut Ganjar, Budi Karya Sumadi juga sedang mengerjakan terobosan moda transportasi ramah lingkungan, dengan berbagai ekosistem penunjangnya.

“Hari ini yang beliau juga sedang kembangkan ada motor baterai, termasuk juga sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan, pakai baterai,” tegasnya.

Sebagai sesama pengurus di Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA), Ganjar mengaku banyak dibimbing oleh Budi Karya Sumadi.

Meski lebih senior, baik secara angkatan maupun usia, ia menyebut Budi Karya Sumadi merupakan figur yang sangat rendah hati dan cenderung low profile, tetapi dedikasinya luar biasa.

“Saya senang sebagai teman yang sangat lama, apalagi di KAGAMA kita juga bareng terus, dedikasinya luar biasa dan tetap rendah hati, dengan apa yang telah didedikasikan untuk bangsa dan negara ini,” ujarnya.

Karena itu, gubernur menyampaikan suka cita atas penganugerahan gelar kehormatan Honoris Causa yang diterima Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

“Saya tentu bersukacita dan turut bangga, karena beliau sangat layak menerimanya dari sisi pengalaman maupun dari kinerjanya selama ini,” kata Ganjar.

Seperti diketahui, Menhub, Budi Karya Sumadi menerima anugerah gelar kehormatan Honoris Causa di Bidang Transportasi oleh UGM. Anugerah tersebut diberikan atas kinerja Menhub dalam membangun sistem transportasi lebih kuat.

Selain itu, UGM menilai Menhub Budi Karya Sumadi juga telah berhasil menghubungkan daerah-daerah terpencil dengan transportasi yang memadai serta mengembangkan moda transportasi yang ramah lingkungan dan sustainable (berkelanjutan).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


UGM Hasilkan Ratusan Permohonan Paten Baru

Kemenhub Siagakan Tambahan Kapal di Titik Krusial

Menhub Sebut Baru 36 Persen Pemudik yang Balik ke Jakarta

Menhub Imbau Pemudik tak Serempak Pulang di Akhir Pekan

H2 Lebaran, Menhub Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark