Atasi Persoalan Sampah, Warga Sleman Diajak Tingkatkan Kebersihan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Atasi Persoalan Sampah, Warga Sleman Diajak Tingkatkan Kebersihan (ilustrasi).
Atasi Persoalan Sampah, Warga Sleman Diajak Tingkatkan Kebersihan (ilustrasi). | Foto: Mgrol101

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Purnomo, menghadiri agenda kompetisi mewarnai Taman Kanak-kanak (TK) seluruh Kabupaten Sleman. Kegiatan berlangsung di Taman Djoyo Dikraman, Padukuhan Plumbon Lor, Kalurahan Mororejo, Kapanewon Tempel.

Dalam sambutannya, Kustini mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan, khususnya di rumah dan ruang publik dengan melakukan pengelolaan sampah. Ia menekankan, pengelolaan sampah menjadi isu yang diperhatikan banyak pihak.

Maka itu, Kustini mengajak masyarakat untuk senantiasa memiliki dan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam rangka memperhatikan kebersihan. Baik itu melalui pengelolaan sampah rumah tangga maupun ruang publik atau lingkungan sekitar.

"Saya berharap semua pihak turut serta dalam upaya-upaya pengurangan timbulan sampah, khususnya dalam pengolahan sampah rumah tangga," kata Kustini, Selasa (4/5/2022).

Baca Juga

Kontribusi semua elemen dirasa penting untuk mengatasi persoalan sampah di DIY. Khususnya, setelah terjadinya darurat sampah akibat ditutupnya Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan, yang dampaknya dirasa kabupaten/kota lain DIY.

Kabupaten Sleman sendiri masih merencanakan pembangunan TPST sendiri untuk jangka panjang, dan memaksimalkan depo-depo sampah untuk jangka pendek. Serta, meningkatkan lagi sosialisasi pengolahan sampah mandiri oleh masyarakat.

Menurut Kustini, kesadaran untuk dapat memilah apalagi mengolah sampah harus dimulai dari lingkup terkecil seperti keluarga. Sehingga, akan timbul kesadaran bersama untuk menjaga kebersihan baik di rumah maupun di lingkungan sekitar.

Kustini menekankan, Pemkab Sleman terus melakukan upaya-upaya dalam rangka menyelesaikan permasalahan sampah, khususnya di Kabupaten Sleman. Langkah itu dimulai dari sosialisasi pengolahan sampah sampai optimalisasi bank sampah.

Kemudian, melakukan MoU bersama Gubernur DIY terkait pengolahan sampah. Kustini menyebut, seluruh usaha itu tidak dapat berjalan maksimal, bila tidak didukung kesadaran masyarakat. Dukungan masyarakat sangat penting untuk keberhasilan.

"Khususnya, dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Sleman," ujar Kustini. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Daya Tampung TPA Cipayung Bogor Memasuki Masa Kritis

KLHK Targetkan 100 Produsen Sampaikan Peta Jalan Pengurangan Sampah

Pemkot Depok Ajak Siswa Lestarikan Lingkungan dan Memilah Sampah

Belum Resmi Dibuka, Sampah Berserakan di Situ Bagendit

Dibanjiri Wisatawan, Alun-Alun Bandung Dipenuhi Sampah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark