Kamis 26 May 2022 06:45 WIB

Warga Terdampak Banjir Rob Mulai Keluhkan Gangguan Kesehatan

Beberapa di antaranya juga mengaku mengalami gangguan pegal dan linu pada kaki.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Banjir rob di Pantura Jawa. (ilutrasi)
Foto: istimewa
Banjir rob di Pantura Jawa. (ilutrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG  -- Setelah lingkungan mereka tergenang banjir rob yang cukup parah dalam beberapa hari terakhir, sejumlah warga di lingkungan terdampak mulai mengeluhkan gangguan kesehatan.

Di wilayah RW 01, lingkungan Gisikrejo, Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang beberapa warga mengaku mulai merasakan gatal-gatal dan gangguan batuk pilek.

Beberapa di antaranya juga mengaku mengalami gangguan pegal dan linu pada kaki, karena stiap hari beraktivitas dalam rumah yang tergenang banjir rob.

Salah satu warga Gisikrejo, Nuryati (34) mengaku, pegal dan linu pada kaki mulai dirasakannya, setelah setiap hari terendam air rob. Selain itu juga merasakan telapak kaki selalu kedinginan dan gampang kesemutan.

 

“Sehingga kalau habis duduk dan mau berdiri itu susah sekali, karena kaki rasanya dingin, pegal dan seperti kesemutan,” ungkapnya, Rabu (25/5/2022).

Gangguan kesehatan seperti batuk pilek, jelasnya, juga mulai dialami terutama oleh warga anak- anak. Nuryati juga mengaku dua keponakannya mulai mengeluhkan batuk dan pilek setelah beberapa hari berraktivitas dalam rumah yang masih tergenang.

Karena dalam beberapa hari ini, keluarganya memang memilih tinggal di rumah dan tidak mengungsi. Terkait gangguan kesehatan yang dikeluhkan ini, sudah diperiksakan di posko kesehatan di Kecamatan Semarang Utara.

“Sudah diberi obat, katanya sih, cuma gangguan penyakit yang kerap dialami saat terjadi banjir," ujar Nuryati.

Terkait dengan gangguan kesehatan yang mulai dirasakan oleh warga ini juga diamini oleh petugas posko kesehatan Mariyanti. Menurutnya, gangguan kesehatan juga mulai dialami oleh warga yang lingkungannya terdampak banjir rob.

Keluhan warga yang berobat ke posko kesehatan setelah terjadinya banjir rob ini umumnya adalah keluhan pegal linu tulang, batuk pilek dan pusing disertai panas atau demam. termasuk juga masalah gangguan kesehatan kulit seperti gatal-gatal.

"Sehingga dalam situasi lingkungan warga yang masih tergenang banjir rob ini, memang disiapkan obat- obatan untuk mengantisipasi keluhan dan gangguan kesehatan dengan gejala- gejala tersebut,” jelas petugas kesehatan yang juga Kepala Puskesmas Bulu Lor ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement