Jumat 27 May 2022 15:11 WIB

Rayakan Milad, UMP Gelar Turnamen Kasti Tumbuhkan Olahraga Tradisional

Seluruh peserta harus tetap menjaga nilai-nilai sportivitas.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Kegiatan turnamen kasti di UMP.
Foto: Dokumen
Kegiatan turnamen kasti di UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sejumlah tim dosen dan karyawan bersaing keras untuk memperebutkan gelar juara dalam turnamen kasti yang diselenggarakan dalam rangka Milad ke 57 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah. Turnamen digelar di lapangan kampus tersebut, Jumat (27/5/2022).

Ketua panitia Milad 57 UMP, Dr Encep Saepudin mengatakan, turnamen kasti tersebut bertujuan menumbuhkan olahraga tradisional yang hampir punah. “Selain menumbuhkan rasa kebersamaan, permainan kasti dengan peserta ibu-ibu ini membuat acara semakin meriah dan terlihat kompak serta lucu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, olahraga kasti merupakan permainan yang mengutamakan kerja sama antarpemain, kekompakan, ketangkasan, serta kesenangan. Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga.

Sementara itu, Rektor UMP, Dr Jebul Suroso mengatakan, seluruh peserta harus tetap menjaga nilai-nilai sportivitas. Bukan hanya dalam permainan kasti, sportivitas harus diterapkan di semua tempat, demi menjaga ketertiban dan kebersamaan.

“Harapannya agar jiwa sportivitas tercipta dari dalam diri setiap peserta, dan itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Menurutnya olahraga kasit adalah salah satu bentuk permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Jenis permainan dengan bola kecil dan pemukul ini biasanya dilakukan beregu.

“Permainan bola kasti mengajarkan kita berbagai unsur kebaikan seperti kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan,” ujar rektor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement