Rayakan Milad, UMP Gelar Turnamen Kasti Tumbuhkan Olahraga Tradisional

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Kegiatan turnamen kasti di UMP.
Kegiatan turnamen kasti di UMP. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sejumlah tim dosen dan karyawan bersaing keras untuk memperebutkan gelar juara dalam turnamen kasti yang diselenggarakan dalam rangka Milad ke 57 Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas, Jawa Tengah. Turnamen digelar di lapangan kampus tersebut, Jumat (27/5/2022).

Ketua panitia Milad 57 UMP, Dr Encep Saepudin mengatakan, turnamen kasti tersebut bertujuan menumbuhkan olahraga tradisional yang hampir punah. “Selain menumbuhkan rasa kebersamaan, permainan kasti dengan peserta ibu-ibu ini membuat acara semakin meriah dan terlihat kompak serta lucu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, olahraga kasti merupakan permainan yang mengutamakan kerja sama antarpemain, kekompakan, ketangkasan, serta kesenangan. Permainan bola kasti dimainkan oleh dua regu, yaitu regu pemukul serta regu penjaga.

Sementara itu, Rektor UMP, Dr Jebul Suroso mengatakan, seluruh peserta harus tetap menjaga nilai-nilai sportivitas. Bukan hanya dalam permainan kasti, sportivitas harus diterapkan di semua tempat, demi menjaga ketertiban dan kebersamaan.

“Harapannya agar jiwa sportivitas tercipta dari dalam diri setiap peserta, dan itu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Menurutnya olahraga kasit adalah salah satu bentuk permainan tradisional yang sangat populer di Indonesia. Jenis permainan dengan bola kecil dan pemukul ini biasanya dilakukan beregu.

“Permainan bola kasti mengajarkan kita berbagai unsur kebaikan seperti kekompakan, ketangkasan, dan kegembiraan,” ujar rektor.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Rayakan Milad ke-57, UMP Gelar Turnamen Voli

Koordinator Komisariat IMM UMP Gelar Darul Arqam Dasar

UMP Lepas Atlet Futsal Banyumas dalam Turnamen AFP Championship

UMP Jalin Kerja Sama dengan Sekolah Tiga Bahasa PU HUA

UMP Siap Buka Prodi Bahasa Mandarin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark