Pemkot Madiun Anggarkan Rp 1,7 Miliar untuk Seragam Sekolah Gratis

Red: Nidia Zuraya

Pedagang seragam sekolah (ilustrasi).
Pedagang seragam sekolah (ilustrasi). | Foto: Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur menganggarkan dana sebesar Rp1,7 miliar pada tahun 2022 untuk pengadaan seragam bagi siswa SD dan SMP negeri secara gratis."Pengadaan seragam sekolah gratis ini kembali dilakukan untuk mendukung program pendidikan di Kota Madiun. Total disediakan Rp1,7 miliar tahun ini," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun Lismawati di Madiun, Senin (30/5/2022).

Seperti tahun lalu, seragam gratis itu berupa dua setel bahan kain. Diperuntukkan bagi siswa kelas I SD negeri dan kelas VII SMP negeri.Masing-masing siswa mendapatkan dua setel seragam beserta atributnya. Untuk SD mendapatkan kain seragam merah-putih dan Pramuka. Sedangkan, SMP mendapatkan kain seragam putih-biru dan Pramuka.

Selain kain seragam, Pemkot Madiun juga memberikan bantuan ongkos jahitnya, yakni, Rp300 ribu per anak untuk SMP dan Rp260 ribu per anak untuk SD, dimana bantuan itu masing-masing dipotong pajak."Saat ini pengadaannya masih dalam proses. Insya Allah bisa terlaksana dengan baik," katanya.

Adapun, mekanisme pengadaannya nanti, pihaknya lebih dahulu membeli contoh kain seragam. Setelah itu, dilakukan uji laboratorium di Bandung atau Yogyakarta untuk melihat kelayakan dan spesifikasi kain. Selanjutnya baru dilakukan lelang.Kain yang dari pihak ketiga juga diuji laboratorium terlebih dahulu. Untuk mencocokkan dengan contoh yang sebelumnya diajukan pemkot. 

Jika kedua sesuai, baru dapat dilaksanakan pengadaan secara massal.Ia menambahkan, kebutuhan seragam tahun ini tidak jauh beda dengan tahun lalu. Untuk SDN sebanyak 2.646 siswa dan SMPN 2.787 siswa."Seragam diberikan kepada siswa baru kelas I SD dan VII SMP," kata Lismawati.

 

Terkait


Penajam Gratiskan Seragam Peserta Didik Baru

Pemkab Penajam Beri Seragam dan Tas Sekolah Gratis

Puluhan Ribu Siswa tak Mampu di Lampung Dapat Seragam Sekolah Gratis

Seragam Sekolah Gratis untuk Siswa tak Mampu di Medan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark