Wali Kota Magelang Minta Pejabat Jadi Teladan Pegawai

Red: Muhammad Fakhruddin

Wali Kota Magelang Minta Pejabat Jadi Teladan Pegawai (ilustrasi),
Wali Kota Magelang Minta Pejabat Jadi Teladan Pegawai (ilustrasi), | Foto: Mufti Nurhadi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz minta para pejabat di lingkungan pemkot setempat menjadi teladan bagi pegawai dengan mengutamakan kedisiplinan dan selalu taat pada peraturan.

"Pejabat harus bekerja dengan ikhlas dan sepenuh hati di mana pun posisinya dan mampu menjadi teladan bagi pegawai," katanya di Magelang, Jawa Tengah, Senin (30/5/2022).

Ia menyampaikan hal tersebut pada pelantikan 33 pejabat pimpinan tinggi pratama, administrasi, dan jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Magelang yang berlangsung di Pendopo Pengabdian kompleks Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Ia mengatakan momentum pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan adalah sebuah agenda penting pembangunan, utamanya bagi para pejabat pimpinan tinggi pratama, dan merupakan penyerahan estafet kepemimpinan.

Baca Juga

"Hari ini ada empat pejabat pimpinan tinggi pratama yang telah memperoleh rekomendasi dari KASN(Komisi Aparatur Sipil Negara) akan mengemban tugas dan amanah baru. Pelantikan dimaknai pula sebagai tour of duty dan tour of area, utamanya bagi pejabat pimpinan tinggi pratama," katanya.

Aziz menyampaikan pelantikan pejabat fungsional melalui mekanisme penyetaraan merupakan pelaksanaan ketentuan yang diamanatkan dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 tahun 2021 tentang Penyetaraan dalam Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional melalui Mekanisme Penyetaraan.

Menurut dia, amanah yang diberikan kepada para pejabat bukan hanya sekadar kepercayaan, melainkan tanggung jawab untuk melaksanakan dan menciptakan pemerintahan yang lebih baik. Oleh karena itu, pejabat harus melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut dengan sebaik-baiknya.

Ia berpesan pejabat yang baru dilantik segera melakukan koordinasi dan konsolidasi yang baik pada tingkat internal maupun eksternal guna memastikan terlaksananya visi dan misi Kota Magelang maju, sehat, dan bahagia.

"Segera pelajari dan pahami tugas pokok dan fungsi saudara dan laksanakan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Magelang Isa Ashari menyebutkan ada 33 pejabat yang dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan oleh Wali Kota Magelang, terdiri atas pejabat tinggi pratama empat orang, pejabat pengawas enam orang, dan pejabat fungsional 23 orang.

Rincian untuk pejabat tinggi pratama, antara lain Catur Budi Fajar Sumarmo sebelumnya sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dilantik menjadi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Magelang.

Kemudian Machbub Yani Arfian sebelumnya sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kota Magelang dilantik sebagai Kepala Pelaksana BPBD Kota Magelang.

Muchamad Abdul Azis sebelumnya menjabat Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dilantik sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominsta). Selanjutnya OT Rostrianto sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dilantik sebagai Kepala Satpol PP Kota Magelang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Prosesi Pengambilan Air Suci Waisak

Langgar Agung, Jejak Dakwah Pangeran Diponegoro di Magelang

Polres Magelang Kota Musnahkan Ratusan Botol Minuman Beralkohol

Umar bin Khaththab dan Turunnya Ayat-ayat Alquran (2-Habis)

Umar bin Khaththab dan Turunnya Ayat-ayat Alquran (1)

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark