Rabu 01 Jun 2022 22:26 WIB

Satgas PPIH Embarkasi Solo Siap Berangkatkan 15.305 Calhaj

Pada penyelenggaraan haji tahun ini akan terbagi dua gelombang.

Satgas PPIH Embarkasi Solo Siap Berangkatkan 15.305 Calhaj (ilustrasi).
Foto: Republika/Binti Sholikah
Satgas PPIH Embarkasi Solo Siap Berangkatkan 15.305 Calhaj (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BOYOLALI -- Satuan Tugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo telah siap memberangkatkan 15.305 calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam penyelenggaraan haji 2022, di Asrama Haji Donohudan Kabupaten Boyolali.

Sebanyak 200 Satgas PPIH Embarkasi Solo pada penyelenggaraan tahun ini, telah dikukuhkan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jateng, H Musta'in Ahmad, dan siap melayani tamu-tamu Allah, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jateng, Rabu petang (1/6/2022).

Baca Juga

Menurut Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarif Syarul Samsudin sebanyak 200 Satgas PPIH Embarkasi Solo sudah dikukuhkan oleh Kakanwil Kemenag Jateng dan siap melayani para calhaj pada penyelenggaraan haji tahun ini, selama 29 hari mulai tanggal 3 Juni hingga 14 Agustus mendatang.

Sarif menjelaskan jumlah kuota calon haji Indonesia pada penyelenggaraan tahun ini, sebanyak 100.051 orang termasuk 15.305 calhaj untuk Jateng dan DIY melalui Embarkasi Solo terbagi 43 kelompok terbang (kloter). Provinsi Jateng 13.868 anggota jamaah terbagi 39 kloter dan DIY 1.437 anggota jamaah yang terbagi menjadi empat kloter.

 

Pada penyelenggaraan haji tahun ini, kata Sarif, akan terbagi dua gelombang. Gelombang pertama calhaj kloter 1-21 yang akan mendarat di Madinah Arab Saudi. Sedangkan, gelombang kedua Kloter 22-43 akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jedah.

Sarif mengatakan ke-200 Satgas PPIH Embarkasi Solo yang sudah dikukuhkan siap menyambut kedatangan calhaj kloter pertama asal Pati di Asrama Haji Donohudan, Jumat (3/6), pukul 08.00 WIB. Satgas akan bekerja sesuai tugas masing-masing melayani kedatangan dan pemberangkatan calhaj ke Tanah Suci.

"Calhaj kloter pertama asal Pati Jateng dijadwalkan masuk di Arama Haji Donohudan Boyolali, Jumat (3/6), sekitar pukul 08.00 WIB sebanyak 360 anggota jamaah," katanya.

Rombongan calhaj asal Pati tersebut sebanyak 360 calhaj termasuk empat petugas pendamping kloter akan dilepas oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan diterbangkan ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, pada Sabtu (4/6), sekitar pukul 00.30 WIB.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelolaan Asrama Haji Donohudan Bambang Sumanto mengatakan persiapan Asrama Haji Donohudan di Boyolali sudah 100 persen menerima calhaj asal Jawa Tengah dan DIY, mulai Jumat (3/6).

Selain itu, PPIH Embarkasi Solo juga sudah masuk asrama haji Donohudan Boyolali, pada Rabu ini, untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk penyambutan dan pemberangkatan kloter pertama dan selanjutnya.

"Kami dalam menyambut tamu-tamu Allah ini, telah menyiapkan gedung Mekah di asrama haji sebanyak tiga lantai yang bisa menampung setiap lantai sebanyak 380 calhaj sehingga tiga lantai totalnya 1.140 calhaj," katanya.

Selain itu, Asrama Haji Donohudan hingga saat ini, kondisinya steril. Artinya, Calhaj tidak usah ragu-ragu karena asrama haji ini, yang pernah dijadikan tempat isolasi terpusat COVID-19 di wilayah Solo Raya dan Kudus. Asrama haji sudah steril karena setiap Jumat dan menjelang pemberangkatan calhaj selalu disemprot dengan disinfektan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement