KPK: OTT Eks Wali Kota Yogyakarta Terkait Suap

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Fernan Rahadi

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyerahkan bendera  kepada pembawa bendera, Tsana Aqila U untuk dikibarkan pada upacara  peringatan kemerdekaan Indonesia ke 74 di Balai Kota Yogyakarta
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menyerahkan bendera kepada pembawa bendera, Tsana Aqila U untuk dikibarkan pada upacara peringatan kemerdekaan Indonesia ke 74 di Balai Kota Yogyakarta | Foto: Republika/Silvy Dian Setiawan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan operasi tangkap tangan (OTT) di Yogyakarta berkaitan dengan kasus suap. Salah satu yang diciduk dalam operasi senyap itu adalah wali kota Yogyakarta periode 2017-2022, Haryadi Suyuti.

"Benar kami hari ini telah melakukan giat penangkapan di Jakarta dan Yogyakarta, berkaitan dugaan penyuapan," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Meskipun, lembaga antirasuah itu belum merinci kasus suap yang menjerat kepala daerah tersebut, dia mengatakan, saat ini tim satuan tugas KPK masih meminta keterangan lebih lanjut para pihak yang diamankan dalam operasi senyap dimaksud.

"Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan mohon bersabar untuk terangnya kasus yang sedang kami tangani, setelah selesai nanti akan kami jelaskan secara lebih rinci," katanya.

Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengungkapkan tim satuan tugas telah mengamankan beberapa pihak dalam operasi senyap tersebut. Dia mengatakan, KPK segera melakukan permintaan keterangan terhadap para pihak dimaksud.

Saat ini penyidik KPK tengah melakukan investigasi lanjutan terkait OTT tersebut. Lembaga antirasuah itu kini memiliki waktu maksimal 1x24 jam untuk menentukan status hukum dari para pihak yang diciduk dalam OTT dimaksud.

"Benar, KPK telah melakukan kegiatan tangkap tangan terhadap beberapa pihak yang diduga sedang melakukan tindak pidana korupsi suap di Yogyakarta. Salah satu yang diamankan adalah wali kota Yogyakarta 2017-2022," katanya.

 

Terkait


KPK Tangkap Tangan Wali Kota Yogyakarta

Libur Lebaran, Pemkot Yogya Bentuk Tim Penanganan Aduan dan Informasi

PKL Minta Tunda Relokasi, Wali Kota: Mau Diundur Berapa Lama?

PKL Tagih Janji, Wali Kota Yogya: Penataan Bukan Penggusuran

Kondisi Covid Terkendali, PJU Malioboro Kembali Menyala

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark