Raih Akreditasi Unggul BAN PT, Unissula Kian Mantap Menatap Persaingan PT

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Raih Akreditasi Unggul BAN PT, Unissula Kian Mantap Menatap Persaingan PT. Kampus Unissula
Raih Akreditasi Unggul BAN PT, Unissula Kian Mantap Menatap Persaingan PT. Kampus Unissula | Foto: Unissula

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang semakin mantap dalam menatap persaingan penyelenggaraan pendidikan tinggi, di level regional maupun level global.

Pasalnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kota Semarang ini telah meraih akreditasi perguruan tinggi dengan predikat Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) BAN PT No 230 /SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/V/2022 tertanggal 31 Mei 2022 kemarin.

Rektor Unissula, Prof Dr Gunarto SH MHum mengatakan, akreditasi predikat unggul ini merupakan capaian dari kerja keras jajaran kampus Unissula, setelah melewati proses penilaian dengan barbagai parameter.

Baca Juga

“Tidak mudah untuk meraih akreditasi predikat unggul ini, terlebih di Jawa Tengh baru ada tiga perguruan tinggi swasta (PTS) yang telah terakreditasi unggul, termasuk Unissula,” jelasnya, dalam keterangan pers di Semarang, Jumat (3/6/2022).

Menurut Prof Gunarto, sampai dengan hari ini tercatat baru ada 25 Universitas di Tanah Air yang telah berhasil meraih akreditasi unggul. Dari jumlah tersebut sebanyak 13 universits di antaranya merupakan perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sedangkan sisanya –sebanyak 12 universitas—merupakan PTS. Maka capaian ini sangat penting bagi Unissula sebagai bukti bahwa semua proses penyelenggaraan pendidikan yang dilaksanakan telah memenuhi kualifikasi standar terbaik.

Hal ini sejalan dengan harapan kampus Unissula untuk senantiasa dapat memberikan layanan pendidikan tinggi terbaik kepada masyarakat (para mahasiswa). “Makanya, capaian ini sangat kami syukuri,” tambahnya.

Dengan perolehan akreditasi Unggul ini, lanjut Prof Gunarto, maka Unissula memiliki daya saing di level nasional dan internasional.

Capaian akreditasi unggul merupakan salah satu amanah yang diberikan oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA) kepada Rektor periode 2022-2027.

Sehingga kesuksesan tersebut akan semakin menyemangati civitas akademika Unissula dalam berkhidmad di bidang pendidikan serta meningkatkan rasa syukur dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Apalagi, capaian akreditasi unggul ini juga diraih pada momen Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), sehingga bisa menjadikan calon mahasiswa baru semakin mantap untuk memilih Unissula sebagai kampus impian.

“Baik dalam rangka mengembangkan kemampuan intelektual, skill dan kompetensi untuk masa depan,” tegas Prof Gunarto didampingi Ketua Bidang Pendidikan YBWSA, Tjuk Subchan Sulchan;  Wakil Rektor I, Dr Andre Sugiyono ST MM; Wakil Rektor II, Dedi Rusdi SE MSi Akt CA dan Wakil Rektor III, Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD.

 

Terkait


Perubahan Akreditasi Mandiri Kependidikan Jadi Tantangan Perguruan Tinggi

Perguruan Tinggi tidak Boleh Menggadaikan Idealismenya

Tekan Pengangguran, Malang Perkuat Kolaborasi dengan Perguruan Tinggi

Angka Partisipasi Warga ke Perguruan Tinggi 23 Persen, Wali Kota: Masih Banyak Tantangan

Rektor UMM: Perguruan Tinggi harus Adaptif dan Atraktif

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark