Jadi Mitra Formula E, DHL Rintis Jalan Logistik Hijau

Red: Fernan Rahadi

President Director of DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong (kanan) bersama President Director of DHL Supply Chain Indonesia Sivananthan SKS (kedua kiri), Senior Technical Advisor of DHL Express Indonesia Ahmad Mohammad (kedua kanan), Head of DHL Global Forwarding Motorsports Manuela Gianni (kiri) dan Chief Commercial Officer of Formula E Matt Scammell (tengah) berbincang usai menyampaikan paparan di Jakarta, Kamis (2/6/2022). DHL sebagai Mitra Pendiri dan Logistik Resmi untuk Formula E menggunakan pengiriman multi moda mengirimkan mobil balap, baterai dan unit pengisian daya, serta peralatan media dan penyiaran serta menyediakan layanan nilai tambah seperti layanan kepabeanan dan pemeriksaan fisik, pengantaran dengan truk, serta forklift dan peralatan dengan standar tinggi. Republika/Putra M. Akbar
President Director of DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong (kanan) bersama President Director of DHL Supply Chain Indonesia Sivananthan SKS (kedua kiri), Senior Technical Advisor of DHL Express Indonesia Ahmad Mohammad (kedua kanan), Head of DHL Global Forwarding Motorsports Manuela Gianni (kiri) dan Chief Commercial Officer of Formula E Matt Scammell (tengah) berbincang usai menyampaikan paparan di Jakarta, Kamis (2/6/2022). DHL sebagai Mitra Pendiri dan Logistik Resmi untuk Formula E menggunakan pengiriman multi moda mengirimkan mobil balap, baterai dan unit pengisian daya, serta peralatan media dan penyiaran serta menyediakan layanan nilai tambah seperti layanan kepabeanan dan pemeriksaan fisik, pengantaran dengan truk, serta forklift dan peralatan dengan standar tinggi. Republika/Putra M. Akbar | Foto: Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah resmi menjadi mitra untuk balapan Formula E, DHL bekerja sama dengan tim DHL Motorsports melalui solusi logistik end-to-end untuk pengiriman motorsport elektrik untuk kejuaraan dunia pertama di Indonesia tersebut. 

Memanfaatkan keahliannya dalam solusi pengiriman multi-moda, DHL mengirimkan mobil balap, baterai dan unit pengisian daya, serta peralatan media dan penyiaran ke Jakarta. DHL juga turut menyediakan layanan nilai tambah seperti layanan kepabeanan dan pemeriksaan fisik, pengantaran dengan truk, serta forklift dan peralatan dengan standar tinggi. 

President Director DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong menyatakan rasa bangganya dalam mendukung kesuksesan perhelatan Formula E di Jakarta. "Kami sangat senang dengan adanya balapan Formula E di Jakarta untuk pertama kalinya. Pendekatan transportasi multi-moda kami yang disesuaikan memaksimalkan efisiensi dan mengurangi emisi CO2, semakin mendorong agenda hijau yang lebih jauh untuk Formula E dan DHL," katanya dalam siaran pers, Jumat (3/6/2022).

CEO Formula E Jamie Reigle melanjutkan DHL telah menjadi mitra integral Formula E sejak awal dan pihaknya senang dapat melanjutkan dan meningkatkan kolaborasi. 

"Mengangkut barang adalah hal yang mendasar bagi pelaksanaan Formula E dan DHL terus melakukannya dengan semangat untuk mendorong langkah-langkah berkelanjutan baru yang memiliki relevansi di seluruh industri logistik," katanya.

Di Indonesia, DHL Express mulai menggunakan sepeda motor listrik dan van listrik untuk pengiriman sejak bertahun-tahun lalu dan berencana untuk melistrikkan setidaknya setengah dari armadanya pada tahun 2024. Bahkan, mobil van listrik digunakan oleh tim Formula E dalam pengiriman care packs ke masyarakat setempat. Selain itu, perusahaan telah menggunakan energi yang dihasilkan dari panel surya di seluruh fasilitas baru DHL Express, misalnya di Jakarta Distribution Center. Infrakstruktur di fasilitas saat ini juga sedang dalam proses penggantian dengan solusi hemat energi. 

Senior Technical Advisor DHL Express Indonesia Ahmad Mohamad, menambahkan, pihaknya akan terus membuka jalan di bidang logistik hijau sebagai perusahaan ekspres terkemuka di Indonesia dengan memperluas armada elektronik kami ke kota-kota lain. "Kami juga akan terus berinvestasi dalam solusi rendah karbon lainnya, seperti e-truk dan panel surya untuk fasilitas kami di seluruh Indonesia," katanya.

DHL Supply chain Indonesia, juga turut mulai menerapkan praktik operasi bersih untuk mendukung perusahaan mencapai nol-emisi di tahun 2050. Di antara praktik tersebut yang dilakukan DHL Supply Chain Indonesia ialah penggunaan kendaraan listrik seperti mobil van dan sepeda motor listrik, serta melengkapi gudang Multi User Facility dengan fitur-fitur seperti panel surya, lampu surya, dan lampu LED. 

"Untuk meningkatkan kesadaran hijau dalam industri, DHL Supply Chain Indonesia mengadakan webinar secara rutin yang mencakup topik lingkungan dan menyediakan pelatihan untuk mempersiapkan karyawan dalam Mission 2050,” kata President Director DHL Supply Chain Indonesia, Sivananthan SKS. 

Pada musim 2021/22, yang menjadi musim terluas yang pernah ada dengan rekor 16 balapan, termasuk dua kota baru (Jakarta dan Seoul), DHL berupaya membangun pencapaian ini secara bertahap mengurangi jejak operasi angkutan udaranya. Melalui slogannya "Change.Accelerated", ABB FIA Formula E World Championship mempromosikan mobilitas listrik sebagai alternatif tanpa emisi untuk mesin pembakaran dan menyediakan platform bagi produsen otomotif dalam mengembangkan dan menguji teknologi e-mobility baru. Mobil balap Gen3, yang dijadwakan untuk musim 2022-2023, akan menjadi mobil balap paling efisien dan menjadi mobil Formula E tercepat, teringan, dan terkuat sampai saat ini. Mobil balap ini mampu mencapai kecepatan tertinggi 320 kilometer per jam dan pengereman regeneratif akan menghasilkan setidaknya 40 persen energi yang dikonsumsi selama balapan. 

"Formula E merupakan balap kelas dunia yang menghadirkan nilai hiburan luar biasa bagi basis penggemar yang sangat luas, sekaligus menciptakan nilai nyata bagi masyarakat. Ini merupakan perjalanan kemitraan yang sangat menarik sejauh ini dan kami berharap dapat bergabung dengan Formula E untuk terus meningkatkan kesadaran akan keberlanjutan di seluruh dunia," kata Sivananthan.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Latihan Penanganan Kecelakaan Formula E

Pembalap Formula E Keluhkan Panasnya Jakarta

Kementerian BUMN Baru Terima Proposal Formula E Sebulan Lalu

Mengintip Persiapan Tim Pembalap Formula E di Sirkuit Ancol

Pembalap Formula E Berdarah Malang Ini Serasa Balapan di Rumah Sendiri

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark