Kabupaten Cilacap dan Sekitarnya Segera Masuk Musim Kemarau

Red: Yusuf Assidiq

Musim kemarau. Ilustrasi
Musim kemarau. Ilustrasi | Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan wilayah Jawa Tengah bagian selatan, khususnya Cilacap dan sekitarnya, secara umum memasuki musim kemarau pada Juni 2022.

"Sementara untuk wilayah Banyumas Raya diprakirakan akan memasuki musim kemarau pada bulan Juli 2022," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jumat (3/6/2022).

Menurut dia, suatu wilayah dikatakan telah memasuki musim kemarau apabila jumlah akumulasi curah hujan dalam satu bulan kurang dari 150 milimeter.

"Kedatangan musim kemarau umumnya berkaitan erat dengan adanya pergantian angin, dari angin baratan atau Monsun Asia menjadi angin timuran atau Monsun Australia," katanya.

Teguh mengatakan, saat musim kemarau, cuaca akan cenderung cerah, kelembapan rendah, terasa panas pada siang hari dan dingin pada dini hari hingga pagi hari, serta curah hujan berkurang.

"Puncak musim kemarau diprakirakan terjadi pada Agustus 2022. Sifat musim kemarau tahun ini diprakirakan di atas normal (lebih basah dari biasanya)," ujar dia.

Menurut dia, panjang musim kemarau di wilayah Cilacap berkisar 9-15 dasarian atau 90-150 hari, sedangkan di Banyumas diprakirakan berkisar 8-17 dasarian atau 80-170 hari.

Dia mengimbau warga senantiasa menjaga stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

"Kami juga mengimbau kepada instansi terkait untuk siaga mengantisipasi dampak kemarau terutama di daerah-daerah yang rawan kekeringan dan rawan kebakaran lahan terutama saat puncak musim kemarau terjadi," kata Teguh.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sudah Masuk Kemarau, Tapi Hujan Lebat, Warga Mataram Diminta Waspada Anomali Cuaca

Indonesia Masuki Musim Kemarau, Aquaproof Rilis Cat Penolak Panas

BMKG: Waspadai Ancaman Pasang Air Laut Tinggi di Pantai Selatan Jawa

Sebagian Wilayah Jabodetabek Hari Ini Diperkirakan akan Hujan

BMKG: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Hingga 4 Meter

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark