Budaya Kerja, Enjoy Culture

Red: Fernan Rahadi

Bekerja (ilustrasi)
Bekerja (ilustrasi) | Foto: Pixabay

Oleh : Erik Hadi Saputra*

REPUBLIKA.CO.ID, Pembaca yang kreatif, pimpinan PT Git Solution baru saja menunjukkan ruangan baru tempat mereka bekerja yang desainnya dengan konsep santai dan penuh warna seperti area bermain. Ide ini sengaja dilakukan untuk membuat suasana lebih rileks bagi pekerja yang berkecimpung dalam dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Suasana yang santai tadi bisa membuat ide-ide mudah muncul dikarenakan desain ruangan yang dibuat memicu semangat bekerja serasa seperti rumah, walaupun ada teman yang lebih memilih bekerja dari kantor. Hal ini disebabkan koneksi Wi-Fi di rumahnya tidak ada, hehe. Sehingga dari kantor akan memudahkan baginya untuk bekerja. Ditambah anak-anak di rumah senang ikutan kerja jika orang tuaya bekerja. Kondisi itu bisa memecah konsentrasinya.

Pembaca yang kreatif, apa yang membuat bekerja terasa menyenangkan? Pertama, hadirkanlah rasa bahagia dalam bekerja. Ketika Anda melakukan perjalanan dari rumah ke kantor, Anda sudah seharusnya memupuk rasa bahagia Anda agar perjalanan dari rumah menuju tempat kerja serta aktivitas kantor menjadi istimewa.

Bahkan ada yang sudah membawa sarapan dari rumah dan dinikmati di ruangan kerja. Lama kelamaan yang lain pada membawa makanan juga. Sehingga jadilah beraneka camilan dan snack yang anda temui di ruang kerja. Yakinlah pegawai yang lain bakal banyak yang berkunjung ke ruangan anda. Selain menyapa juga mendapatkan banyak makanan pembuka hehe.

Kedua, senanglah bertemu rekan kerja. Ada saja hal yang menuntut kita untuk segera menyelesaikan target pekerjaan. Ingatlah selalu ada kebaikan yang akan mengalir kepada kita ketika senang membantu rekan kerja lain dengan pekerjaan mereka. Walaupun sudah jarang kita menemui kondisi itu.

Apalagi suasana pandemi membuat orang menjadi jarang berinteraksi secara langsung. Berkolaborasi sangat disarankan untuk melatih kebersamaan dan tangggung jawab pada pekerjaan dan lingkungan. Tentu Anda ingin rekan kerja yang berada di samping dan di depan Anda merasa bangga dan senang memulai aktivitasnya dengan sesekali merespons candaan Anda.

Ketiga, bekerja seolah di taman bermain. Sudah banyak perusahaan yang menyediakan sarana olahraga dan musik untuk pegawai ketika mereka istirahat di waktu siang. Bahkan ada yang berencana akan membuat kolam renang di lantai teratas ketika akan membangun gedung baru.

Duduk di lantai dengan bantal warna-warni yang bisa digunakan rebahan di waktu istirahat. Tentunya Anda ingin semua pegawai anda terinspirasi dengan suasana itu dan ingin berlama-lama berada di situ. Itu adalah cara membuat orang menjadi nyaman. Membuat mereka lupa waktu.

Suasana menyenangkan dalam dunia kerja itu sangat perlu dibangun. Selain sarana fisiknya dan desainnya yang sangat homy (nyaman, seperti di rumah), Komunikasi yang dibangun juga akan mempengaruhi.  Hindari kata-kata yang membuat kreativitas anda dan tim mandek (killer word) seperti, "saya gak tahu, tau tuh, terserah saja, tidak bisa, Itu kan salah bapak, Itu bukan salah saya donk, nggak mungkin kayak gitu, kan sudah dibilang awalnya, Ini susah pak udahlah, mana aku tahu, itu kan bukan kerjaan saya."

Tentu kata-kata seperti itu akan membuat komunikasi lebih banyak membisu dan suasana kerja divisi Anda seperti kehilangan kegairahan. Bangunlah kata-kata yang mengalir dalam ruangan kerja itu kata-kata yang menyenangkan (magic word) seperti "bisa, bolehkah, minta tolong, mohon dibantu, segera ya, dapatkah, bagaimana kalau, apakah tidak keberatan jika, berkenan/berkenankah, mari saya bantu, tentu bisa, saya coba ya, silakan, terima kasih, maaf, saya mengerti, saya harap juga begitu", dan kata-kata lainnya yang mungkin sudah digunakan sebagai penciri khas perusahaan Anda. Saya yakin itu akan membuat pegawai Anda semakin enjoy dalam bekerja. Sehat dan teruslah terinspirasi.

 

*) Kaprodi Ilmu Komunikasi dan Direktur Kehumasan & Urusan  Internasional, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Bekerja dari Mana Saja, Tren Digital Nomad Pasca-Pandemi

Budaya Kerja, Learning Culture

Amikom-AKRB Establish Cooperation with UiTM Malaysia

Salah Niat Kerja Cari Rezeki Bisa Berkibat Akidah Kacau, Ini Penjelasannya  

Budaya Kerja, Caring Culture

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark