Ahad 05 Jun 2022 16:21 WIB

PLN Jateng & DIY Salurkan Bantuan TJLS untuk Optimalkan UMKM Desa Wisata Lerep

Selama ini pemakaian daya listrik menyambung dari rumah warga.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Manager PLN UP2B Jateng & DIY, Akhmad Duli (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan program TJSL penguatan UMKM kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso desa Lerep, Susiyanto, Sabtu (4/6). bantuan yang diberikan berupa Modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle untuk Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep.
Foto: Istimewa
Manager PLN UP2B Jateng & DIY, Akhmad Duli (kanan) menyerahkan secara simbolis bantuan program TJSL penguatan UMKM kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso desa Lerep, Susiyanto, Sabtu (4/6). bantuan yang diberikan berupa Modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle untuk Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep.

REPUBLIKA.CO.ID,UNGARAN -- Desa Wisata Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah kini memiliki fasilitas pendukung yang semakin lengkap, guna mengoptimalkan daya tarik kunjungan.

PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Tengah dan DIY (UP2B Jateng & DIY) memberikan bantuan berupa Modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle untuk Kedai Kopi Tenda di desa wisata ini, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) 2022.

Baca Juga

Secara simbolis, bantuan diserahkan langsung oleh Manager PLN UP2B Jateng & DIY, Akhmad Duli kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso desa Lerep, Susiyanto, akhir pecan kemarin.

Menurut Akhmad Duli, PLN UP2B Jateng & DIY sangat mendukung pemberdayaan Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bawah Jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV di Desa Lerep.

Melalui Program TJSL bantuan diberikan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Rukun Santoso Desa lerep. Program bantuan yang diberikan adalah Modernisasi Foodcourt dengan Electrifying Lifestyle untuk Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep.

“Kami serahkan bantuan Program TJSL berupa perlengkapan untuk kedai kopi electrify lifestyle sekaligus juga publikasi terkait Kedai Kopi Tenda Desa Wisata Lerep ini,” jelasnya.

Melalui bantuan ini, kata Akhmad Duli, diharapkan dapat menambah daya trik wisatawan, sehingga pada saatnya akan mampu meningkatkan pendapatan para UMKM di sekitar Desa Wisata Lerep.

Ia juga menjelaskan, Kedai Kopi Tenda merupakan kegiatan usaha milik Pokdarwis Rukun Santoso yang berada di lingkungan Desa Wisata Lerep. Pokdarwis Rukun Santoso menjalankan kegiatan usaha pariwisata Paket Desa Wisata Lerep.

Paket wisata ini terintegrasi dengan seluruh potensi yang ada di Desa Lerep seperti potensi alam, potensi budaya, maupun potensi wisata buatan dengan konsep paket wisata edukasi baik menginap (live in) maupun sehari (one day tour).

Sebelumnya, Kedai Kopi Tenda ini sebelumnya masih menumpang pemakaian daya listriknya dari salah satu rumah warga, Sehingga pencahayaannya masih minim dan sarana maupun  prasarananya juga masih kurang memadai.

“Untuk itu, PLN UP2B Jateng & DIY membantu Pokdarwis Rukun Santoso dengan memberikan bantuan berupa Pasang Baru 2200VA, peralatan kedai kopi, tenda serta papan penunjuk jalan agar tempat wisata ini lebih mudah dan layak untuk dikunjungi,” jelasnya.

Kepala Desa Lerep, Sumariyadi ST mengungkapkan, bantuan dari PLN UP2B Jateng & DIY ini sangat mendukung Kegiatan UMKM di Desa Lerep.

Ia berharap bantuan ini akan menjadikan Desa Wisata Lerep semakin dikenal di masyarakat luas. “Terlebih Desa Wisata Lerep tengah mengupayakan kebangkitan kembali pasca pandemi dua tahun terakhir,” tegasnya.

Hal yang sama diamini Susiyanto. Dengan bantuan ini kegiatan usaha lebih efektif dan efisien. “Tentunya ini juga akan menambah semangat pelaku usaha sekaligus untuk meningkatkan pelayanan sekaligus kunjungan wisatawan,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement