Senin 06 Jun 2022 23:45 WIB

Petugas Kemenag Siapkan Koper Jamaah Calon Haji Asal Kota Madiun

Pengumpulan koper calon haji di kantornya dilakukan pada Senin (6/6).

Petugas Kemenag Siapkan Koper Jamaah Calon Haji Asal Kota Madiun (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas Kemenag Siapkan Koper Jamaah Calon Haji Asal Kota Madiun (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MADIUN -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Madiun, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 90 tas koper milik jamaah calon haji asal daerah tersebut yang dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 9 Juni 2022.

Kepala Kemenag Kota Madiun Abdul Wahid mengatakan pengumpulan koper calon haji di kantornya dilakukan pada Senin (6/6). Jumlahnya ada 90 koper dengan rinciann-nya, 89 koper milik calon haji dan 1 koper petugas haji yang akan mendampingi para calon haji selama menjalankan ibadah rukun Islam ke-5 itu.

Baca Juga

"Pemberangkatan koper dilakukan di hari yang sama. Namun, barangnya diberangkatkan 2 jam lebih awal dari jamaah dan diangkut dengan truk Satpol PP Kota Madiun ke Asrama Haji Sukolilo," ujar Abdul Wahid di Madiun, Senin.

Dalam penyiapan koper tersebut, petugas juga melakukan pengecekan dan memeriksa adakah barang-barang dilarang yang dibawa calon haji. Adapun barang-barang yang tidak boleh dibawa oleh calon haji antara lain senjata tajam, narkoba, makanan cepat busuk, dan bahan-bahan logam lainnya.

Selain itu, calon haji juga dilarang membawa cairan lebih dari 50 ml. Untuk obat-obatan tertentu boleh dibawa dengan keterangan dari dokter. Pihak Kemenag dan petugas Dinkes PPKB Kota Madiun telah meminta agar calon haji melaksanakan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum keberangkatan.

Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk, menghindari berbagai potensi penyakit.Selain itu, Abdul Wahid berpesan kepada para jamaah untuk tetap menjaga kesehatan agar bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

Juga, fokus ibadah dan tidak memisahkan diri dari rombongan. "Serta, memperbanyak doa, zikir, dan istighfar sehingga selamat sampai tujuan dan bisa pulang ke Indonesia dengan sehat untuk menjadi haji yang mabrur," tutur dia.

Adapun pelepasan calon haji Kota Madiun akan dilaksanakan di Wisma Haji Kota Madiun pada Selasa (7/6/2022) pukul 13.00 WIB oleh Wali Kota Madiun Maidi. Sebelum berangkat, mereka telah dipastikan sehat agar dapat mengikuti rangkaian ibadah haji dengan lancar.

Jamaah calon haji Kota Madiun tergabung dalam kloter 7 Embarkasi Surabaya. Selain Kota Madiun, dalam satu kloter juga ada calon haji dari Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, dan Surabaya. Mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada 9 Juni 2022 pukul 00.15 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement