Jauh dari Rumah Sakit, Desa Karangbawang Dapat Mobil Ambulans Siaga

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat mengunjungi Desa Karangbawang sekaligus menyerahkan bantuan.
Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat mengunjungi Desa Karangbawang sekaligus menyerahkan bantuan. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA - Desa Karangbawang, Kecamatan Rembang, merupakan salah satu desa di Purbalingga, Jawa Tengah, yang jauh dari pusat layanan kesehatan di kota maupun di kecamatan. Oleh karena itu, Pemkab Purbalingga memfasilitasinya dengan memberi satu unit mobil ambulans siaga kepada pemerintah desa untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

"Mudah-mudahan bantuan ambulans desa ini bisa bermanfaat, sehingga saya nderek titip, Pak Kades, apapun karena ini merupakan hadiah yang tidak semua desa mendapatkan, saya titip agar mobil ambulans ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, dirawat, dan dijaga," kata Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Senin (6/6/2022).

Bupati mengakui, akses dari pusat Kecamatan Rembang menuju Desa Karangbawang tidaklah mudah. Harus melewati jalan berliku dan banyak tanjakan - turunan. Oleh karenanya, Desa Karangbawang layak mendapatkan bantuan ini. "Artinya dari sisi geografis memang layak mendapatkan ambulans desa ini," kata bupati.

Ia berpesan agar mobil ambulans yang diserahkan ini tidak dialihfungsikan. Di samping itu juga, bupati berharap agar keberadaanya bisa lebih mempermudah pelayanan kesehatan.

"Jadi kalau ada orang sakit, ini bapak ibu bisa matur Pak Kades jadi mobil ambulans ini bisa langsung digunakan untuk mengantar siapapun masyarakat Karangbawang yang sakit, baik ke puskesmas, rumah sakit, dan sebagainya. Tapi mudah-mudahan si masyarakat Desa Karangbawang tidak ada yang sakit," katanya.

Sementara Kepala Desa Karangbawang, Toyo, mengucapkan terima kasih atas bantuan pemberian mobil ambulans ini. "Saya mengucapkan, alhamdulillah, Ibu Bupati, karena Desa Karangbawang jauh dari rumah sakit. Terima kasih, Ibu," ungkapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Indeks Tata Kelola Pengadaan Kurang, Purbalingga Tersendat Peroleh DID

Pemkab Purbalingga Pertahankan Opini WTP 6 Kali Berturut-turut

1.640 PPPK Guru Purbalingga Tanda Tangani Perjanjian Kerja

Pemkab Purbalingga Bentuk Satgas Monitoring Penanganan Wabah PMK

9 Sapi Positif PMK, Purbalingga Lakukan Monitoring dan Sosialisasi di Pasar Hewan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark