UMP Luncurkan Tempat Penerimaan Mahasiswa Baru di Cirebon

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Peluncuran Tempat Penerimaan Mahasiswa Baru UMP di Cirebon dan gelar acara Rektor UMP Menyapa.
Peluncuran Tempat Penerimaan Mahasiswa Baru UMP di Cirebon dan gelar acara Rektor UMP Menyapa. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Biro Publikasi dan Admisi bersama Humas dan Promosi menggelar Rektor UMP Menyapa dan Peresmian Tempat Penerimaan Mahasiswa Baru di Cirebon, Selasa (7/6/2022).

Acara  dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Kabupatan Cirebon Ronianto, Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) Kabupaten Cirebon Edi Baredi, beserta perwakilan sekolah SMA/K MA terbaik di Kabupaten dan Kota Cirebon.

Dalam kesempatanya Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Shelter FM dengan UMP bekerja sama untuk membuka Tempat Penerimaan Mahasiswa Baru.

"Ini bertujuan untuk membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat Cirebon agar lebih mudah kuliah di UMP," ujar Dr Jebul Suroso, Selasa (7/6/2022).

Saat ini UMP memiliki 49 program studi, baik dari kesehatan termasuk kedokteran. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Psikologi, Farmasi, Ilmu Budaya dan Komunikasi, Hukum, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Kesehatan, Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Pertanian dan Perikanan, dan Pascasarjana.

Selain itu, rektor juga memberikan beasiswa mulai dari beasiswa hafiz Quran, prestasi, kader Muhammadiyah, fakir miskin, yatim piatu, Pusat Studi Dakwah, Polri, bupati, dan Kokam. "Jadi kami datang ke sini selain memberikan akses yang mudah juga kami berikan beasiswa. Termasuk beasiswa wartawan," jelasnya.

Lebih lanjut rektor mengatakan Cirebon merupakan salah satu kantong mahasiswa UMP. Karenanya UMP memberikan akses khusus agar mereka bisa kuliah di UMP.

"Program studi kami mayoritas unggul, baik dan baik sekali kita ada enam program studi kelas internasional. Ada beberapa hal keungguan kita yang diakui bahkan oleh dunia internasional seperti kelapa kopyor dan muatan enterpreneur," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Ronianto berharap kerja sama tersebut bisa ditingkatkan dengan kerjasama yang lain seperti KKN, pengabdian masyarakat, dan lainnya. "Kami juga memiliki rumah sakit pendidikan yang bisa digunakan untuk tempat praktik mahasiswa," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, masyarakat Cirebon bisa melanjutkan kuliahnya di UMP. Sekaligus bisa memanfaatkan beasiswa yang telah disediakan UMP.

"Mudah mudahan kerja sama ini bisa lebih banyak dan berlanjut ke Pemda Cirebon agar mahasiswa bisa transfer ilmu di sini," jelasnya.

Station Manager Shelter FM Helmi menambahkan dijadikannya Shalter FM menjadi tempat penerimaan mahasiswa baru merupakan inovasi yang sangat luar biasa.

"Dengan ini, masyarakat Cirebon bisa kuliah di UMP bisa lebih mudah dan dekat. Atau visa akses di web www.pmb.ump.ac.id," ujarnya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Rizky Febian Semarakkan Entrepreneur Creative Project FEB UMP

Inspiratif! Anak Buruh Tani, Jadi Profesor di UMP

UMP Tambah Doktor Baru Bidang Ilmu Manajemen

Rayakan Milad, UMP Gelar Turnamen Kasti Tumbuhkan Olahraga Tradisional

Kapolresta Cirebon Minta Kapolsek Berantas Geng Motor

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark