Pemkab Gunung Kidul Tingkatkan Pengawasan Daging Sapi di Pasar Rakyat

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Gunung Kidul Tingkatkan Pengawasan Daging Sapi di Pasar Rakyat (ilustrasi).
Pemkab Gunung Kidul Tingkatkan Pengawasan Daging Sapi di Pasar Rakyat (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL -- Dinas Perdagangan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan pengawasan penjualan daging sapi di pasar-pasar rakyat untuk memastikan kualitas daging yang dijual tetap aman dikonsumsi.

Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Perdagangan Gunung Kidul Sigit Haryanto mengatakan permintaan daging sapi di tingkat pedagang pasar rakyat mengalami penurunan hingga 30 persen sejak munculnya penyakit mulut dan kuku. "Turunnya sekitar 30 persen. Salah satu upaya mempertahankan daya beli dan konsumsi daging sapi, kami meningkatkan pemantauan dan pengawasan untuk memastikan kualitas daging sapi yang dijual tetap aman untuk dikonsumsi," kata Sigit, Selasa (7/6/2022).

Ia mengatakan dalam pengawasan ini, Dinas Perdagangan berkoordinasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH). "Mereka yang mengetahui kualitas daging sapi. Kami berusaha mempertahankan permintaan daging dan memberikan kepastian bahwa daging sapi aman dikonsumsi," katanya.

Sigit juga mengatakan harga daging sapi di pasaran terpantau mengalami penurunan. Namun penurunan terbilang tipis dibanding harga normalnya di kisaran Rp130 ribu per kilogram (kg). "Sekarang ini harga daging sapi di kisaran Rp125 ribu per kg," katanya.

Baca Juga

Sebelumnya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Gunung Kidul Wibawanti Wulandari mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan vaksinasi pada ternak. Adapun persediaan vaksin nantinya akan didistribusikan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI. "Saat ini kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari sana," kata Wibawanti.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Belitung Pasok Hewan Kurban dari NTB dan Lampung

Dinas Kulon Progo: Harga Daging Sapi Belum Terdampak PMK

3.000 Ekor Sapi di Lumajang Terjangkit Penyakit Kuku dan Mulut

Perluas Penerima Manfaat dan Cegah Penularan PMK, Baznas Dukung Kurban di Sentra Ternak

149 Ekor Sapi di Temanggung Terjangkit PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark