Rabu 15 Jun 2022 07:36 WIB

Adobe Buat Photoshop Versi Web, Gratis untuk Semua

Saat ini, pengguna Kanada dapat mengakses Photoshop di web melalui akun Adobe gratis.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Adobe
Adobe

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adobe Photoshop, salah satu platform pengeditan gambar dan efek khusus paling populer, ditawarkan secara gratis kepada siapa saja yang memiliki akun Adobe. Adobe saat ini sedang bereksperimen dengan Photoshop versi gratis untuk digunakan.

Dilansir dari Neowin, Selasa (14/6/2022), uji coba terbatas di Kanada, tetapi Adobe dapat segera memperluas uji coba ke wilayah lain. Saat ini, pengguna di Kanada dapat mengakses Photoshop di web melalui akun Adobe gratis.

Baca Juga

Adobe mengklaim versi web Photoshop tersedia di bawah model “Freemium”. Saat ini, sebagian besar alat, kuas, dan fitur Photoshop lainnya tersedia secara gratis. Namun, Adobe berencana untuk menutup beberapa fitur yang akan eksklusif untuk pelanggan yang membayar. Meskipun demikian, alat “cukup” akan tersedia secara bebas untuk melakukan apa yang diklaim Adobe sebagai fungsi inti Photoshop.

Versi web Adobe Photoshop relatif baru. Adobe meluncurkan platform pada Oktober 2021. Saat itu, pengguna memiliki akses ke versi aplikasi yang agak sederhana.

Dengan kata lain, pengguna hanya dapat melakukan beberapa pengeditan sederhana. Semua alat dan efek kompleks tidak tersedia. Namun, Adobe terus meningkatkan versi web Photoshop.

Manfaat paling menonjol dari versi web Adobe Photoshop adalah kolaborasi cepat dan dinamis dengan pengguna lain. Selain itu, dalam rilis awal, pengguna harus membagikan dokumen ke web dari aplikasi desktop. Versi yang diperbarui, bagaimana pun, memungkinkan setiap pelanggan Photoshop untuk masuk dan memulai dokumen baru langsung dari web.

Adobe dengan jelas memposisikan Photoshop versi web sebagai alat kolaborasi. Beberapa pengguna dapat membuat beberapa perubahan dan meninggalkan beberapa anotasi. Dengan Photoshop menjadi lebih mudah diakses, lebih banyak pengguna dapat mencoba platform secara legal dan mengeksplorasi kemampuan dan potensinya. Adobe berharap para pengguna ini pada akhirnya dapat membayar untuk mengakses versi lengkapnya.

Edisi terbaru dari versi web Adobe Photoshop menawarkan beberapa alat canggih, termasuk alat Refine Edge, Curves, Dodge & Burn, serta kemampuan untuk mengonversi Smart Objects. Versi web juga akan mendapatkan dukungan seluler untuk meninjau dan mengomentari gambar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement