Geografi UMP Buka Kesempatan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMP.
Kampus UMP. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Kabar gembira datang bagi calon mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas Jawa Tengah. Sebabnya, Program Studi Geografi membuka kesempatan beasiswa untuk calon mahasiswa.

“Setidaknya ada 10 lebih skema beasiswa yang dapat digunakan untuk masuk dan bergabung dengan Prodi Pendidikan Geografi,” kata Ketua Program Studi Pendidikan Geografi UMP, Anang Widhi Nirwansyah, Selasa (14/6/2022).

Dijelaskan, semakin meningkatnya kebutuhan akan tenaga pengajar profesional di bidang geografi sekaligus tenaga pengolahan data geospasial di berbagai bidang, menjadi latar belakang Prodi Pendidikan Geografi membuka peluang untuk lulusan SMA bergabung bersama. Prodi ini telah mengantongi akreditasi A, dan sedang menyiapkan untuk akreditasi unggul.

"Prodi ini juga membuka beberapa skema beasiswa bagi calon mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi,” jelasnya.

Seperti yang dikutip dalam laman https://pmb.ump.ac.id/index.php?page=beasiswa, skema beasiswa tersebut yakni beasiswa hafiz Quran, beasiswa prestasi, beasiswa yatim, beasiswa fakir miskin, beasiswa bupati Banyumas, termasuk Rektor Scholarship, dan beasiswa kader Muhammadiyah.

“Tentu ini sangat menggembirakan, dan membuka lebih banyak peluang bagi calon mahasiswa dan siswa-siswi dari berbagai penjuru Tanah Air untuk bergabung dan berkarya bersama Geografi UMP,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebagai kota wisata, Purwokerto juga memberikan banyak kesempatan bagi mahasiwa yang berasal dari daerah untuk tinggal dan belajar. Kota Purwokerto merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Tengah, dengan infrastruktur pendukung yang lengkap dan aksesibilitas baik ke kota-kota lain termasuk Yogya, Tegal, Semarang, dan Jakarta.

“Di sisi lain, keberadaan Bandar Udara Jenderal Sudirman di Purbalingga memberikan kemudahan bagi mahasiswa dari luar daerah untuk mengakses wilayah yang terkenal sejuk dan biaya hidup yang sangat terjangkau,” jelasnya.

Prodi Pendidikan Geografi telah pula memiliki jejaring di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Beberapa kerja sama yang melibatkan dosen dan mahasiswa khususnya di bidang penelitian telah dilakukan termasuk dengan Malaysia, Turki, Jerman, dan Belanda.

“Ke depan kerja sama ini akan berlanjut melalui kegiatan penelitian yang lebih besar dengan melibatkan jumlah mahasiswa yang lebih banyak. Di saat bersamaan, mahasiswa Geografi juga turut berkontribusi pada peningkatan akses pendidikan melalui program kampus mengajar (KM) yang menyasar sekolah-sekolah di wilayah yang mengalami kesulitan pendidikan,” ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Ada Lho Beasiswa Fully Funded ke Italia

Kemenag Tawarkan Beasiswa BPPA untuk Mahasiswa PTKI, Ini Syarat Lengkapnya

Buruan! Daftar Malaysian International Scholarship (MIS) Sekarang

Info Beasiswa Terbaru: Beasiswa Pelatihan IoT Indobot Kominfo RI Telah Dibuka

Siapakah Pemberi Rekomendasi Beasiswa?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark