KPU Kudus Diminta Segera Sosialisasi Aturan dan Tahapan Pemilu

Red: Muhammad Fakhruddin

KPU Kudus Diminta Segera Sosialisasi Aturan dan Tahapan Pemilu (ilustrasi).
KPU Kudus Diminta Segera Sosialisasi Aturan dan Tahapan Pemilu (ilustrasi). | Foto: republika

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendorong KPU setempat untuk segera melakukan sosialisasi aturan dan tahapan-tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat, kata Bupati Kudus Hartopo.

"Ketika tahapan-tahapan Pemilu disosialisasikan secara masif, setidaknya muncul kesadaran masyarakat untuk mendukung pelaksanaan pemilu nantinya bisa berjalan dengan lancar," ujarnya dimintai tanggapannya terkait peluncuran tahapan Pemilu 2024 oleh KPU Pusat di Kudus, Rabu (15/6/2022).

Menurut dia, KPU Kudus memiliki kesempatan panjang karena masih 2,5 tahun lagi, sehingga harus mulai sekarang sosialisasi karena aturan-aturan pemilihan umum itu banyak dan semuanya harus tersosialisasikan dan dipahami masyarakat. Jangan sampai, kata dia, ketika sudah memasuki pelaksanaan, ternyata masih ada yang belum paham soal tahapan-tahapan pemilihan umum nantinya.

"Tahunya justru soal politik uang. Sedangkan KPU sendiri berharap tidak ada hal itu karena pilihan yang berkualitas tidak boleh terpengaruh oleh politik uang," ujarnya.

Baca Juga

Sementara itu, Ketua KPU Kudus Naily Syarifah menjelaskan jadwal dan gambaran tahapan pada Pemilu 2024 yang paling dekat adalah pendaftaran dan verifikasi partai.

Untuk itu, imbuh dia, partai politik diminta untuk menyiapkan dokumen serta data dukung yang diperlukan. Karena tahapan awal Pemilu 2024 resmi dibuka pada Selasa (14/6) oleh KPU Pusat, maka pihaknya juga memohon dukungan serta doa dari semua pihak untuk kelancaran dan suksesnya Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Kudus.

Perwakilan dari Bawaslu Kudus Eni Setyaningsih menyampaikan bahwa jajarannya siap untuk melakukan pengawasan pada setiap tahapan Pemilu 2024.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Tito: Presiden Minta Penyelenggara Jaga Moralitas Pemilu 2024

Bawaslu-Pemkab Bantul Kerja Sama Penguatan Pengawasan Pemilu 2024

Puan Ingatkan Agar Pemilu Sesuai dengan Prinsip Demokrasi

Pemkab Cirebon: Partisipasi Masyarakat pada Pemilu Diharap Meningkat

KPU: Hari Ini, 20 Bulan Sebelum Hari Pemungutan Suara

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark