156 Calon Jamaah Haji Kota Yogyakarta Dilepas di Balai Kota

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq

Jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta mengikuti acara pelepasan di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (16/6/2022). Sebanyak 156 jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan. Calhaj ini nanti akan bergabung dengan kloter 20 Embarkasi Solo dan akan berangkat menuju Madinah pada Jumat (17/6/2022) esok.
Jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta mengikuti acara pelepasan di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (16/6/2022). Sebanyak 156 jamaah calon haji asal Kota Yogyakarta diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan. Calhaj ini nanti akan bergabung dengan kloter 20 Embarkasi Solo dan akan berangkat menuju Madinah pada Jumat (17/6/2022) esok. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebanyak 156 calon jamaah haji asal Kota Yogyakarta dilepas di Balai Kota Yogyakarta untuk menunaikan ibadah haji 2022 ini. Jamaah tersebut tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 20 SOC dan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis (16/6/2022).

Seluruh jamaah dijadwalkan untuk diberangkatkan ke Arab Saudi pada 17 Juni 2022. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, meminta agar seluruh jamaah untuk memperhatikan kondisi kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

"Pelaksanaan rukun-rukun ibadah haji memang banyak menguras tenaga, sehingga harus menjaga fisik dan psikis agar kelak pulang ke kembali mendapat predikat haji mabrur," kata Sekda saat melepas jamaah haji di Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

Aman menyebut, pihaknya juga akan terus memantau kondisi jamaah haji asal Yogyakarta yang melaksanakan haji. Pemantauan dilakukan dengan berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. "Kami akan meminta update secara berkala untuk mengetahui perkembangan jemaah," ujar Aman.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Nur Abadi mengatakan, seluruh jamaah haji tersebut terdiri dari 95 jamaah perempuan dan 61 jamaah laki-laki. Rombongan jamaah ini akan diberangkatkan dari Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo, Solo.

Ia menyebut, jamaah haji termuda tahun ini berumur 20 tahun. "Rombongan dari Kota Yogya yang termuda berusia 20 tahun yaitu Ageng Pangastuti dari Terban," katanya.

Sementara itu, jamaah paling tua yakni berumur 64 tahun. "Yang paling senior adalah Darmiyati Dalio Dirjoutomo dari Bausasran berusia 64 tahun," tambah Nur.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Jamaah Haji Kota Yogya Batal Berangkat Lebih Besar Dibanding yang Berangkat

Sebanyak 156 Calhaj Asal Kota Yogyakarta Berangkat ke Asrama Haji Donohudan

Sebaran Jarak PPDB SMP Yogyakarta Zonasi Kian Seragam

Hamil, Calon Jamaah Haji Gagal Berangkat

Sleman Lepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark