Pesparawi ke-XIII Ajang Bangkitnya Parawisata dan Perekonomian Yogyakarta

Rep: c01/ Red: Fernan Rahadi

Sekertaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji (ketiga kiri) berdialog bersana Plt Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Pontus Sitorus (kempat kiri), Ketua Harian LPPN, Saur Hasugian (ketiga kanan), dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Esty Wijayanti (kedua kanan) saat Kick Off Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) tingkat nasional ke-XIII di Hotel Royal Ambarukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (21/4/2022). PESPARAWI tingkat nasional ke-XIII bertajuk Harmoni dalam Keragaman akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 19-26 Juni 2022 mendatang.
Sekertaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji (ketiga kiri) berdialog bersana Plt Dirjen Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Pontus Sitorus (kempat kiri), Ketua Harian LPPN, Saur Hasugian (ketiga kanan), dan Anggota Komisi VIII DPR RI, Esty Wijayanti (kedua kanan) saat Kick Off Pesta Paduan Suara Gerejawi (PESPARAWI) tingkat nasional ke-XIII di Hotel Royal Ambarukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (21/4/2022). PESPARAWI tingkat nasional ke-XIII bertajuk Harmoni dalam Keragaman akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 19-26 Juni 2022 mendatang. | Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Terpilihnya Provinsi DIY sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-XIII menjadi ajang bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Yogyakarta. Selama ajang Pesparawi berlangsung akan digelar pameran UMKM yang akan diikuti oleh madrasah, pondok pesantren, dan lembaga keagamaan lainnya. Pameran UMKM ini akan digelar di Jogja Expo Center (JEC).

Acara Pesparawi akan berlangsung selama delapan hari, terhitung sejak 19-26 Juni 2022. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Masmin Afif mengatakan pameran UMKM di JEC dapat diikuti tidak hanya oleh lingkungan Kementerian Agama tetapi juga oleh seluruh masyarakat DIY termasuk para kontigen yang datang dari seluruh Indonesia.

"Sesuai dengan arahan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, ajang Pesparawi nasional diharapkan akan menjadi penggerak bangkitnya pariwisata dan perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta yang setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19," kata Masmin dalam acara jumpa pers di Kanwil Kementerian Agama DIY, Jumat (17/6/2022).

Pembimbing Masyarakat Kristen Kanwil Kemenag DIY, Sri Gunarti Sabdaningrum mengatakan untuk pameran UMKM akan disediakan 300 stan dan sejauh ini sudah terisi hingga 80 persen. Ia juga mengatakan dengan adanya gelaran acara Pesparawi dan pameran UMKM, Kota Yogyakarta akan sangat ramai.

"Nanti akan sangat-sangat crowded sekali. Bahkan, pada tanggal 17 hari ini banyak kontingen yang sudah hadir. Untuk kontingen-kontingen yang akan hadir itu sekitar 8.000 orang dan sudah disiapkan dengan 64 hotel," ujar Sri Gunarti.

Masmin menambahkan salah satu kontingen dari Papua Barat telah hadir di Yogyakarta sejak 13 Juni 2022. Kontingen Papua Barat hadir dengan membawa enam ratus orang. Menurut Masmin, selain untuk mengikuti kompetisi Pesparawi dan di tengah-tengah kesibukan mempersiapkan diri, kehadiran kontingen Papua Barat di Yogyakarta juga dalam rangka ingin melihat wisata-wisata yang ada di DIY.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


DIY Jadi Tuan Rumah Pesparawi ke-XIII Tingkat Nasional

Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pesparawi, Pemprov Yogyakarta Apresiasi Kemenag

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark